Bentrokan Pecah saat Aksi Demo, Polisi Hong Kong Gunakan Merica dan Gas Air Mata

Nathania Riris Michico ยท Rabu, 12 Juni 2019 - 15:21 WIB
Bentrokan Pecah saat Aksi Demo, Polisi Hong Kong Gunakan Merica dan Gas Air Mata

Petugas polisi menggunakan meriam air pada seorang pengunjuk rasa di dekat kantor pusat pemerintah di Hong Kong. (FOTO: AFP / Anthony WALLACE)

HONG KONG, iNews.id - Bentrokan pecah saat aksi demonstrasi warga yang menentang RUU ekstradisi ke China, Rabu (12/6/2019). Polisi menggunakan semprotan merica dan pentungan untuk membubarkan massa yang berusaha memasuki parlemen Hong Kong.

Dilaporkan AFP, bentrokan pecah sekitar pukul 15.00 (0700 GMT) waktu setempat -batas waktu yang diberikan para pengunjuk rasa bagi pemerintah untuk menghapus RUU kontroversial itu, yang akan memungkinkan warga Hong Kong diekstradisi ke China.

Para pengunjuk rasa, yang menggunakan payung sebagai perisai, terlihat berusaha mendekati polisi anti huru hara yang melindungi gedung Dewan Legislatif. Proyektil dilemparkan ke petugas, yang menanggapi dengan menyemprorkan merica.

Polisi Hong Kong juga menggunakan gas air mata untuk menghentikan pengunjuk rasa menyerbu parlemen.

Cuplikan yang disiarkan oleh berita i-Cable menunjukkan, para demonstran berhamburan ketika awan tebal gas air mata menyelimuti sekelompok pengunjuk rasa, yang bentrok dengan polisi anti huru hara di luar gedung badan legislatif.


Editor : Nathania Riris Michico