Bikin Ancaman Palsu Bajak Pesawat, Pria India Divonis Hukuman Bui Seumur Hidup

Anton Suhartono ยท Rabu, 12 Juni 2019 - 13:47 WIB
Bikin Ancaman Palsu Bajak Pesawat, Pria India Divonis Hukuman Bui Seumur Hidup

Jet Airways (Foto: AFP)

NEW DELHI, iNews.id - Pria India yang membuat ancaman palsu akan membajak pesawat Jet Airways rute Mumbai-New Delhi pada 2017, Birju Kishor Salla (38), divonis hukuman penjara seumur hidup.

Vonis dibacakan dalam sidang di pengadilan khusus Badan Penyelidikan Nasional, Selasa (11/6/2019).

Tak hanya itu, Salla juga diharuskan membayar denda 50 juta rupee atau sekitar Rp10,2 miliar. Uang itu akan diberikan kepada pilot, kru, dan penumpang.

Pengadilan mengungkap, pria yang turut dalam penerbangan kelas bisnis Jet Airways 9W 339 itu dinyatakan bersalah karena sengaja mengganggu perjalanan.

"Penerbangan Nomor 9W 339 berisi para pembajak dan pesawat tak boleh mendarat dan harus diterbangkan menuju POK," demikian bunyi ancaman Salla yang ditulis di boks tisu pesawat, seperti dikutip dari Bloomberg, Rabu (12/6/2019).

POK mengacu pada wilayah di Kashmir yang dikuasai Pakistan.

Dalam tulisan selanjutnya, pria yang juga anggota platinum Jet Airways serta pengusaha di bidang perhiasan itu berjanji akan mulai membunuh penumpang jika roda pesawat diturunkan.

Pilot dan kopilot akan mendapat masing-masing lebih dari 1.400 dolar dan kru 720 dolar AS dari hasil denda. Sementara setiap penumpang akan menerima masing-masing 360 dolar AS.

India mengamandemen peraturan keselamatan penerbangan pada 2016. Hukuman maksimal bagi pelaku pembajakan adalah eksekusi mati jika mengakibatkan kematian. Namun dalam kasus Salla, pilot berhasil mendaratkan pesawat di bandara Ahmedabad dan tidak ada penumpang dan kru yang terluka.


Editor : Anton Suhartono