Buka Pusat Perdagangan di Yerusalem, Brasil Bakal Pindahkan Kedutaannya pada 2020

Nathania Riris Michico ยท Senin, 16 Desember 2019 - 10:35:00 WIB
Buka Pusat Perdagangan di Yerusalem, Brasil Bakal Pindahkan Kedutaannya pada 2020
PM Israel Benjamin Netanyahu (tengah) bersama istrinya Sara dan anggota parlemen Brasil Eduardo Bolsonaro pada pembukaan kantor perdagangan Brasil di Yerusalem, Minggu (15/12/2019). (FOTO: AFP Photo/Gil COHEN-MAGEN)

YERUSALEM, iNews.id - Brasil membuka kantor perdagangan di Yerusalem, Minggu (15/12/2019). Acara itu dihadiri putra Presiden Jair Bolsonaro, Eduardo Bolsonaro, dan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu.

Berbicara dalam upacara itu, Eduardo Bolsonaro, seorang anggota parlemen, mengatakan ayahnya bermaksud memenuhi janji yang dibuatnya awal tahun ini untuk memindahkan kedutaan Brasil di Israel dari Tel Aviv ke Yerusalem.

"Dia mengatakan kepada saya bahwa pasti -komitmen ini- dia akan memindahkan kedutaan ke Yerusalem, dia akan melakukan itu," kata Eduardo Bolsonaro, di hadapan Netanyahu, seperti dilaporkan AFP, Senin (16/12/2019).

Presiden Bolsonaro pada Januari berjanji mengikuti langkah kontroversial Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump untuk memindahkan kedutaan negaranya dari Tel Aviv.

Kepala negara Brasil itu mengunjungi Israel pada Maret, dan mengumumkan niat negaranya membuka kantor perdagangan di kota yang disengketakan itu.

Israel mengklaim semua Yerusalem sebagai ibu kotanya, sedangkan warga Palestina memandang Yerusalem timur sebagai ibu kota negara masa depannya sendiri.

Hampir semua negara mempertahankan kedutaan mereka di Tel Aviv dan bersikeras status Yerusalem ditentukan melalui negosiasi perdamaian Israel-Palestina.

Pada Mei 2018, AS memutuskan memindahkan kedutaannya ke Yerusalem, dan sejauh ini hanya Guatemala yang mengikuti langkah itu. Paraguay sebelumnya melakukan hal senada, namun akhirnya membatalkannya.

Hongaria juga membuka kantor perdagangan di Yerusalem.

Berbicara pada upacara itu, Netanyahu mengatakan: "Komitmen Presiden Bolsonaro untuk membuka kedutaan besar di Yerusalem tahun depan."

Netanyahu berterima kasih kepada Brasil atas dukungannya terhadap Israel dalam forum internasional dan menyebut soal bantuan bilateral baru-baru ini yang disediakan negara Yahudi untuk mengatasi bencana alam di Brasil.

"Israel ada di sana, dan Israel akan selalu ada di sana untuk rakyat Brasil dan untuk persahabatan kita bersama," kata Netanyahu.

Editor : Nathania Riris Michico

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda