China Bakal Larang Guru Berhubungan Seks dengan Siswa

Anton Suhartono ยท Kamis, 08 April 2021 - 13:50:00 WIB
China Bakal Larang Guru Berhubungan Seks dengan Siswa
China siapkan aturan yang melarang guru berhubungan seksual dengan siswa (Foto: The Star)

BEIJING, iNews.id - China mempertimbangkan untuk mengikuti negara-negara Barat, melarang guru kencan dengan siswanya. 

Kementerian Pendidikan China, Selasa (6/4/2021), merilis draf Rancangan Undang-Undang (RUU) Perlindungan Sekolah bagi Remaja.

Jika disahkan menjadi undang-undang (UU), aturan tersebut akan mewajibkan sekolah dasar dan menengah untuk melarang guru berpacaran dan berhubungan seksual dengan siswa. Seperti diketahui, batas usia dewasa di China saat ini adalah 14 tahun.

“Masalahnya, dalam beberapa kasus, guru yang dituduh melakukan pelecehan seksual mengklaim itu sebagai ketidakadilan dengan alasan hubungan yang dijalani dengan siswa terjadi atas dasar suka sama suka,” ujar Xiong Bingqi, direktur 21st Century Education Research Institute, dikutip dari South China Morning Post, Kamis (8/4/2021).

Perilaku lain yang akan dikategorikan pelanggaran yakni menyakiti fisik dan mental siswa, menganiaya dengan meraba-raba atau dengan sengaja menyentuh alat vital, menggoda, serta merayu yang menjurus ke arah seksual.

Guru juga dilarang menampilkan atau mengedarkan pesan, buku, majalah, film, video, atau gambar yang mengandung unsur pornografi kepada siswa.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2