China dan AS Atur Pertemuan Xi Jinping dan Joe Biden di Bali pada November

Anton Suhartono ยท Minggu, 14 Agustus 2022 - 08:12:00 WIB
China dan AS Atur Pertemuan Xi Jinping dan Joe Biden di Bali pada November
Xi Jinping dan Joe Biden kemungkinan akan bertemu di Bali pada November (Foto: Reuters)

BEIJING, iNews.id - Presiden China Xi Jinping kemungkinan akan bertemu langsung dengan mitranya dari Amerika Serikat (AS), Joe Biden, akhir tahun ini. Ada dua agenda internasional akhir tahun ini yang kemungkinan dihadiri kedua pemimpin, yakni KTT G20 di Bali pada November dan KTT APEC di Bangkok, Thailand, pada bulan yang sama.

Surat kabar AS, Wall Street Journal (WSJ), melaporkan para pejabat China sedang merencanakan perjalanan Xi ke Asia Tenggara. Jika terwujud, ini bisa menjadi kunjungan luar negeri pertama Xi sejak pandemi Covid-19.

Xi kemungkinan besar akan berkunjung ke Indonesia pada November. Selain mengikuti G20, dia bersama Presiden Joko Widodo dijadwalkan meresmikan kereta cepat Jakarta-Bandung.

Di pihak lain, Gedung Putih juga merencanakan pertemuan langsung Biden dengan Xi. Kedua pemimpin sebenarnya sudah beberapa kali berkomunikasi langsung, meski melalui layar kaca. Namun pertemuan langsung keduanya diharapkan bisa menurunkan ketegangan di saat kedua negara cekcok soal Taiwan serta isu perdagangan.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda