Dalam Sepekan, 2 Turis Tewas di Kawasan Wisata Grand Canyon AS

Nathania Riris Michico ยท Minggu, 31 Maret 2019 - 17:28 WIB
Dalam Sepekan, 2 Turis Tewas di Kawasan Wisata Grand Canyon AS

Para wisatwan berjalan di jembatan Skywalk di Grand Canyon, di kawasan Konservasi Indian Hualapai di Grand Canyon Barat, 20 Maret 2007. (Foto: AP)

ARIZONA, iNews.id - Dua orang tewas di Grand Canyon dalam insiden terpisah pekan ini, termasuk seorang pria yang diduga tersandung di tepi jurang saat mencoba untuk mengambil gambar.

Dilaporkan kantor berita Associated Press, Minggu (31/3/2019), juru bicara kawasan, David Leibowitz, mengatakan jenazah seorang turis asal Hong Kong berhasil dievakuasi dengan menggunakan helikopter dari kedalaman 305 meter di bawah pinggiran Grand Canyon West, Amerika Serikat (as), Kamis (28/3).

Grand Canyon West merupakan sebuah tujuan wisata populer di kawasan reservasi Hualapai yang terletak di luar taman nasional. Identitas pria itu sendiri belum dirilis.

Peristiwa itu terjadi saat pengunjung di Eagle Point tidak terlalu banyak. Eagle Point merupakan situs terpencil yang terkenal dengan Skywalk, jembatan kaca berbentuk tapal kuda yang menjorok keluar dari dinding ngarai.

Pinggiran jurang itu memiliki beberapa tepian dan area menonjol di bawahnya, namun tidak ada penghalang antara wisatawan dan ujungnya.

Menurut Leibowitz, pria berusia 50-an itu tersandung dan jatuh ketika mengambil foto. Terdapat tanda-tanda peringatan di Eagle Point yang menyarankan wisatawan untuk tidak terlalu dekat ke bagian tepi.

Area itu ditutup insiden terjadi. Leibowitz juga menyampaikan doa dari suku di daerah itu kepada keluarga dari pria yang menjadi korban peristiwa nahas tersebut.

Reservasi Hualapai mencakup sekitar 161 kilometer bentangan Grand Canyon di tepi barat.

Sementara itu, pihak berwenang di Taman Nasional Grand Canyon –sekitar 153 kilometer di timur– sedang berusaha untuk mengidentifikasi jasad seseorang yang diyakini sebagai warga negara asing.

Mayatnya ditemukan Selasa (26/3) malam di daerah hutan yang terletak di selatan Grand Canyon Village yang jauh dari tepi sungai.

Juru bicara taman nasional, Vanessa Ceja-Cervantes, menyebut pihak kerabat dari korban belum diberitahu, dan penyebab kematiannya juga belum jelas. Layanan Taman Nasional dan kantor para medis lokal sedang menyelidikinya.

Taman Nasional Grand Canyon merupakan salah satu tujuan wisata paling populer di AS, menarik hampir 6,4 juta pengunjung di tahun lalu. Grand Canyon West di reservasi Hualapai dikunjungi setidaknya satu juta pengunjung setiap tahun.


Editor : Nathania Riris Michico