Di China, Anak Bunuh Ibunya Gara-Gara Anjing Peliharaan

Anton Suhartono ยท Kamis, 21 Maret 2019 - 14:34 WIB
Di China, Anak Bunuh Ibunya Gara-Gara Anjing Peliharaan

Petugas medis membawa jenazah Yang, ibu yang dibunuh anak semata wayangnya (Foto: SCMP)

BEIJING, iNews.id - Seorang remaja 13 tahun di China tega membunuh ibunya setelah cekcok soal anjing peliharaan.

Pelaku, Shao Fuming, menikam ibunya, Yang Yan (37), hingga tewas pada Sabtu malam pekan lalu di rumah mereka di Jianhu, Provinsi Jiangsu.

Namun Fuming baru ditangkap polisi 2 hari kemudian, setelah menemukan jasad Yang. Fuming merupakan anak semata wayang Yang. Ayahnya bekerja di provinsi lain namun tak ada kabar.

Tentangga mengungkap, pembunuhan ini berlatar belakang dendam karena Yang membunuh anjing peliharaan Fuming dengan alasan kedisiplinan. Pasalnya, Fuming lalai dari kewajibannya karena asyik bermain dengan anjing tersebut.

"Ibu berpikir anaknya bermain dengan anjing peliharaan seharian penuh. Jadi dia melempar anjing itu hingga tewas di depan anaknya," kata seorang tetangga, dikutip dari South China Morning Post, Kamis (21/3/2019).

Usai membunuh, Fuming lari dari rumah dan ditemukan polisi di sebuah restoran 24 jam. Menurut pelayan restoran, Fuming hanya memesan secangkir minum dan memakan biskuit yang dibawa sendiri.

Namun Fuming akan lolos dari jeratan hukum. Dalam aturan di China, anak berusia di bawah 14 tahun tak bisa dituntut karena dianggap belum bisa bertanggung jawab atas perbuatannya.

Pada Desember tahun lalu seorang bocah 12 tahun yang menusuk ibunya hingga tewas dibebaskan setelah 3 hari diperiksa polisi. Dia membunuh ibunya karena dilarang merokok.


Editor : Anton Suhartono