Diklaim Manjur di Atas 90 Persen, Vaksin Covid-19 Ini Akan Diproduksi Iran

Anton Suhartono ยท Kamis, 29 Juli 2021 - 08:38:00 WIB
Diklaim Manjur di Atas 90 Persen, Vaksin Covid-19 Ini Akan Diproduksi Iran
Vaksin Covid-19 Soberana 2 buatan Kuba akan diproduksi di Iran (Foto: Reuters)

HAVANA, iNews.id - Satu lagi vaksin Covid-19 bakal digunakan, yakni Soberana 2 atau Sovereign 2 buatan Kuba. Vaksin ini juga akan diproduksi di Iran mulai pekan depan. Perusahaan biotek Kuba memiliki sejarah panjang dalam pengembangan vaksin dengan memenuhi kebutuhan 80 persen dalam negeri bahkan mengekspor.

Media pemerintah Kuba melaporkan, Iran akan menjadi negara pertama yang memproduksi vaksin Soberana 2.

Kedua negara itu memiliki kesamaan yakni dijatuhi sanksi berat dari Amerika Serikat yang berpengaruh dalam mendapatkan akses obat-obatan. Inilah yang memovitasi Kuba dan Iran untuk memproduksi vaksin secara mandiri guna mengurangi kebergantungan.

Data awal hasil uji klinis mengungkap, tingat efektivitas Soberana 2 mencapai 91,2 persen. Kemanjuran satu vaksin Covid-19 buatan Kuba lainnya, Abdala, bahkan lebih tinggi yakni 92,28 persen. Meski demikian para pengamat meragukan hasil itu sampai perusahaan mempublikasikan hasil uji klinis ke jurnal internasional.

Pada awal tahun ini, Institut Pasteur Iran menyetujui kerja sama dengan Institut Finlay Kuba untuk mengembangkan vaksin Soberana 2. Iran juga telah melakukan uji klinis Fase III di negaranya yang mengarah pada persetujuan penggunaan darurat pada awal Juli.

Kepala Institut Finlay Vicente Verez Bencomo mengatakan, Iran akan memproduksi jutaan dosis vaksin Soberana 2 dan menggunakan label PastuCovac.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2