Diserang Roket dari Gaza, Israel Kerahkan Jet Tempur dan Helikopter

Anton Suhartono ยท Rabu, 21 Oktober 2020 - 05:28:00 WIB
Diserang Roket dari Gaza, Israel Kerahkan Jet Tempur dan Helikopter
Jet tempur Israel menyerang basis Hamas di Khan Yunis, Jalur Gaza, dalam bentrokan terbaru (Foto: AFP)

GAZA, iNews.id - Israel dan pejuang Palestina saling serang dalam bentrokan terbaru di perbatasan Jalur Gaza, Selasa (20/10/2020) malam.

Israel mengerahkan jet tempur serta helikopter menyerang basis Hamas serta terowongan yang menembus wilayahnya.

"Serangan jet tempur IDF (Pasukan Pertahanan Israel) serta helikopter menghantam infrastruktur bawah tanah milik kelompok teroris Hamas di selatan Jalur Gaza selatan," demikian pernyataan militer Israel, dikutip dari AFP, Rabu (21/10/2020).

Sumber-sumber keamanan Palestina menyebutkan, serangan itu menghantam dua target Hamas di Khan Yunis dan Deir Al Balah.

Sebelumnya serangan roket Gaza ditembakkan dari Khan Yunis. Roket itu dicegat oleh sistem pertahanan udara Israel Irone Dome, namun biasanya ada saja yang lolos menghantam daratan. Israel tak mengonfirmasi adanya korban maupun kerusakan.

Sejauh ini tak ada yang bertanggung jawab atas serangan roket tersebut. Di Jalur Gaza ada beberapa faksi perjuangan selain Hamas, seperti Jihad Islam.

Beberapa jam sebelum saling serang, Israel menemukan sebuah terowongan yang melintasi perbatasan dan masuk ke wilayahnya sejauh puluhan meter.

Juru bicara militer Jonathan Conricus mengatakan terowongan itu melanggar kedaulatan Israel.

Dia mengatakan Israel belum mengetahui siapa yang menggali terowongan tersebut, namun tetap menuduh Hamas, sebagai penguasa di Gaza, bertanggung jawab atas semua aktivitas di kantong Palestina.

Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengatakan Israel akan terus melakukan tindakan tegas terhadap setiap upaya menyerang kedaulatannya serta warga.

Editor : Anton Suhartono