Divonis Mati karena Bunuh 5 Anaknya, Pria AS Disebut sebagai Monster

Anton Suhartono ยท Jumat, 14 Juni 2019 - 12:57 WIB
Divonis Mati karena Bunuh 5 Anaknya, Pria AS Disebut sebagai Monster

Timothy Jones (Foto: AP)

WASHINGTON, iNews.id - Pria Amerika Serikat (AS), Timothy Jones (37), divonis hukuman mati dalam sidang di pengadilan South Carolina, Kamis (13/6/2019). Dia diseret ke pengadilan karena membunuh lima anaknya, berusia antara 1 sampai 8 tahun, pada 2014.

Vonis mati ini disampaikan di tengah pembelaan mantan istri, Amber Kyzer, yang beralasan bahwa anggota keluarga masih menyayangi Jones. Selain itu, pengacara juga mengungkap kliennya tak layak menjalani persidangan karena menderita gangguan kejiwaan skizofrenia.

Kyzer sempat mengejutkan ruang sidang pengadilan dengan meminta juri untuk meloloskan Jones dari hukuman maksimal.

"Dia memang tidak menunjukkan belas kasihan kepada anak-anak, tapi anak-anak saya mencintainya. Saya berbicara atas nama anak-anak dan bukan diri sendiri, itulah yang harus saya katakan," kata Kyzer, seperti dikutip dari AFP, Jumat (14/6/2019).

Kyzer menyerahkan hak asuh anak-anak kepada suaminya setelah bercerai karena penghasilan Jones sebagai ahli komputer lebih besar darinya.

Sementara itu jaksa Rick Hubbard tetap pada pendirian dengan menjatuhkan hukuman mati. Dia bahkan menyebut Jones sebagai monster.

Para juri membutuhkan waktu hampir 2 jam, menerima tuntutan jaksa untuk menjatuhkan vonis hukuman mati.

Dalam persidangan terungkap Jones berpikir bahwa putranya, saat itu berusia 6 tahun, berencana melawan bersama mantan istri. Dia lalu memaksa bocah itu berolahraga sampai meninggal.

Setelah itu Jones mencekik empat anak lainnya hingga tewas. Dia menyimpan semua mayat anaknya selama 9 hari sebelum membuangnya menggunakan kantong sampah di lereng bukit di Alabama.

Dia ditangkap di pos kepolisian lalu lintas setelah seorang petugas mengedus bau busuk di mobilnya.


Editor : Anton Suhartono