Donald Trump dan Joe Biden Peringati Peristiwa 11 September di Pennsylvania

Arif Budiwinarto ยท Jumat, 11 September 2020 - 21:20 WIB
Donald Trump dan Joe Biden Peringati Peristiwa 11 September di Pennsylvania

Capres dari Partai Demokrat Joe Biden dan capres Partai Republik, Donald Trump. (foto: Business Insider)

PENNSYLVANIA, iNews.id - Dua kandidat Presiden Amerika Serikat dalam pilpres 2020, Donald Trump dan Joe Biden, memperingati peristiwa 11 September di lokasi yang sama di Pennsylvania, pada Jumat (11/9). Namun keduanya tidak akan hadir bersamaan.

Calon presiden dari Partai Demokrat, Joe Biden beserta istrinya, Jill, dijadwalkan menghadiri upacara peringatan 9/11 pada Jumat pagi waktu setempat di Ground Zero, Manhattan, New York, bekas lokasi dua gedung kembar WTC yang hancur dihantam dua pesawat. Dalam upacara itu, Wakil Presiden Republik, Mike Pence juga hadir.

Sementara Trump akan terlebih dulu memberikan pidato dalam upacara pagi di Flight 93 National Memorial di Shanksville, Pennsylvania. Acara itu untuk mengenang 40 penumpang dan awak yang tewas dalam pesawat jatuh di lapangan setelah mereka disandera oleh pembajak.

National Park Service mengatakan acara tersebut akan berlangsung tertutup dan hanya dihadiri beberapa orang saja karena menjaga dari penyebaran Covid-19.

Setelah Trump, Biden dan keluarganya akan mengunjungi situs Flight 93 untuk memberi penghormatan pada para korba. Kedua kandidat presiden hampir dipastikan tidak akan bertemu di Pennsylvania, negara bagian yang menjadi arena pertarungan krusial pada pemilu presiden tanggal 3 November mendatang.

Insiden Flight 93 merupakan salah satu rangkaian aksi terorisme yang menghantam beberapa fasilitas penting AS pada 11 September 2001. Penumpang Flight 93 sempat berusaha merebut kendali pesawat yang dikuasai empat pembajak dan berniat menabrakan pesawat ke Gedung Putih.

Pesawat tujuan San Francisco dari Newark, New Jersey, kemudian jatuh menghantam tanah lapang kosong karena tidak terkendali. Secara keseluruhan hampir 3.000 orang tewas dalam insiden 11 September 2001 dengan jumlah terbanyak di lokasi gedung kembar World Trade Center (WTC).

Dilansir dari Reuters, Jumat (11/9), upacara memperingati insiden 11 September selalu masuk dalam agenda para kandidat presiden dan pejabat AS lainnya. Selama kampanye presiden pada 2016, Trump dan kandidat presiden dari Partai Demokrat, Hillary Clinton sama-sama mengunjungi Ground Zero di New York pada peringatan 11/9.

Sedangkan Biden selalu hadir dalam peringatan 11/9 di Shanksville selama masih menjabat sebagai wakil presiden era kepresidenan Barack Obama.

Editor : Arif Budiwinarto