Donald Trump Usul agar Boeing Ganti Nama Pesawat 737 Max

Anton Suhartono ยท Senin, 15 April 2019 - 18:49 WIB
Donald Trump Usul agar Boeing Ganti Nama Pesawat 737 Max

Donald Trump usul agar Boeing mengganti nama pesawat 737 Max (Foto: AFP)

WASHINGTON, iNews.id - Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengusulkan agar Boeing mengubah nama pesawat 737 Max karena dinilai sudah tercemar akibat dua kali kecelakaan.

Pesawat Boeing 737 Max 8 maskapai Lion Air jatuh di Laut Jawa pada Oktober 2018 menewaskan 189 orang, disusul 5 bulan kemudian dengan Ethiopian Airlines di luar Addis Ababa yang merenggut 157 nyawa.

Namun, Trump menegaskan Boeing harus memperbaiki kerusakan serta memperbarui pesawat itu terlebih dulu sebelum dijual kembali menggunakan nama baru.

"Apalah yang saya tahun tentang branding, mungkin tidak ada. Tapi jika saya orang Boieng, saya akan memperbaiki Boeing 737 Max, menambahkan fitur-fitur bagus, dan me-rebranding pesawat dengan nama baru," kata Trump, dalam cuitannya, seperti dikutip dari AFP, Senin (15/4/2019).

Dia menyebut tak ada produk lain yang paling menderita seperti dialami 737 Max 8, tapi dia menegaskan perubahan itu sekadar usulan saja.

Ini bukan pertama kalinya Trump mengomentari kecelakaan melibatkan pesawat 737 Max 8. Dua hari setelah pesawat Ethiopian Airlines jatuh, dia mengatakan pesawat merupakan sarana transportasi yang rumit karena melibatkan banyak teknologi di dalamnya.

Menurut dia, selalu teknologi baru yang diaplikasikan pada pesawat hingga membuatnya begitu rumit untuk dipahami pilot. Trump membandingkan dengan pesawat di masa lalu yang tak menggunakan banyak teknologi sehingga lebih mudah dioperasikan.

"Pilot tidak lagi diperlukan, melainkan ilmuwan komputer dari MIT (Massachusetts Institute of Technology). Saya melihatnya banyak produk di sepanjang waktu. Selalu berusaha untuk melangkah lebih jauh, ketika seringkali (pesawat) lama dan sederhana jauh lebih baik," tuturnya.


Editor : Anton Suhartono