Drama Penyanderaan di Supermarket AS, 1 Orang Tewas

Anton Suhartono ยท Minggu, 22 Juli 2018 - 13:13:00 WIB
Drama Penyanderaan di Supermarket AS, 1 Orang Tewas
Polisi mengeluarkan pengunjung supermarket Trader Joe's yang sempat disandera pelaku

LOS ANGELES, iNews.id - Pria bersenjata menyandera seorang perempuan di supermarket di Los Angeles, California, Amerika Serikat, Sabtu (21/7) waktu setempat. Dia menyerahkan diri setelah membunuh seorang sandera.

Pejabat Los Angeles Police Department (LAPD), Barry Montgomery, mengatakan, drama penyanderaan bermula di lokasi lain. Pelaku terlibat keributan dengan keluarganya di rumah. Dia sempat menembak neneknya lalu kabur sambil membawa seorang perempuan sebagai sandera.

"Pelaku kabur dari lokasi menggunakan mobil neneknya, membawa korban perempuan," kata Montgomery, dikutip dari AFP, Minggu (22/7/2018).

Dia lalu membawa korban ke Supermarket Trader Joe's. Di sana pelaku melepaskan tembakan berkali-kali ke arah polisi sehingga terjadi baku tembak. Saat baku tembak, pelaku terkena peluru di tangan. Dia juga menembak mati perempuan yang menjadi sanderanya.

"Dengan menyesal saya memberitahu ada satu korban tewas di dalam, seorang perempuan," kata polisi lain, Eric Garcetti, tanpa menyebut identitas korban.

Sebenarnya pelaku juga menyandera banyak karyawan dan pengunjung supermarket, namun mereka tidak mengalami luka. Pelaku membebaskan beberapa pengunjung dan karyawan. Selain itu, polisi juga berhasil membawa mereka keluar.

Petugas lalu bernegosiasi dengan pelaku. Setelah tiga jam negosiasi, pelaku akhirnya menyerahkan diri ke petugas SWAT dengan sukarela memborgol sendiri tangannya lalu ke luar.

Insiden menyebabkan kekacauan di lokasi yang dikelilingi toko-toko dan gedung apartemen itu. Sejumlah mobil polisi dan pemadam kebakaran mendatangi lokasi, membuat suasana semakin mencekam.

"Peluru berterbangan ke mana-mana," kata saksi mata, Don Kohles, yang saat kejadian berada di luar supermarket. Dia bahkan melihat saat pelaku lari menghindari tembakan polisi.

Peristiwa ini juga mengundang keprihatinan Presiden Donald Trump melalui cuitannya. "Memantau situasi penyanderaan di Los Angeles dengan seksama," ujarnya.

Belum diketahui motif pasti penyanderaan. Sejauh ini informasi yang diketahui, pelaku memiliki masalah di keluarganya.

Editor : Anton Suhartono