Ekstrem, Pria Tanzania Selundupkan 1 Kg Sabu di Dalam Perut ke Bali

Anton Suhartono ยท Selasa, 12 Februari 2019 - 15:29 WIB
Ekstrem, Pria Tanzania Selundupkan 1 Kg Sabu di Dalam Perut ke Bali

Abdul Rahman Asman ditangkap di Bandara Ngurah Rai karena menyelundupkan sabu di perut (Foto: AFP)

DENPASAR, iNews.id - Pria Tanzania ditangkap jajaran Bea Cukai Bandara Ngurah Rai, Bali, karena menyelundupkan sabu-sabu seberat lebih dari 1 kilogram. Parahnya, sabu-sabu itu disembunyikan di dalam perutnya.

Kanwil DJBC Bali-NTB-NTT, Untung Basuki. mengatakan, pria bernama Abdul Rahman Asman itu ditangkap pada 30 Januari 2019.

Dari pemeriksaan x-ray dan CT scan, petugas mendapati 99 kantong plastik berisi bubuk putih di dalam perut Asman.

Plastik-plastik itu dimasukkan dengan cara ditelan pelaku. Belum diketahui apakah dia menelannya setelah tiba di bandara atau sebelum pesawat yang membawanya terbang dari Doha, Qatar.

"Tersangka ditangkap di Terminal Kedatangan Internasional Bandara I Gusti Ngurah Rai pada 30 Januari 2019 Pukul 18.00 Wita, setelah petugas memeriksa badan tersangka melalui x-ray," kata Untung, Selasa (12/2/2019).

Dia mengatakan, modus tersangka tergolong ekstrem karena selain dapat membahayakan diri, juga sulit dideteksi oleh petugas.

Tersangka yang mengaku berprofesi sebagai pengusaha itu mengaku mendapat upah 2.000 dolar AS jika berhasil membawa barang terlarang itu ke Pulau Dewata.

Dalam konferensi pers, plastik sabu-sabu tersebut dipajang di atas meja. Pria 42 tahun itu juga dihadirkan.

Selain Asman, seorang warga Amerika Serikat berusia 60 tahun juga dihadirkan dalam jumpa pers. Dia ditangkap bulan lalu bersama 45 gram ganja yang dimasukkan ke keyboard komputer.

Bahri menghadapi hukuman penjara maksimal 15 tahun jika terbukti bersalah.


Editor : Anton Suhartono