Fakta-Fakta Rekening Bocah SD Bertambah Ratusan Miliar Rupiah, Pengirim Misterius

Anton Suhartono ยท Jumat, 01 Oktober 2021 - 18:30:00 WIB
Fakta-Fakta Rekening Bocah SD Bertambah Ratusan Miliar Rupiah, Pengirim Misterius
Dua bocah SD di India mendapat kiriman uang hingga ratusan miliar di bank (Foto: Reuters)

JAKARTA, iNews.id - Kasus dua bocah SD di India yang mendapat kiriman uang hingga ratusan miliar di rekening membuat heboh masyarakat. Terlebih lagi, siapa yang mengirim uang tersebut tidak jelas.

Rekening kedua siswa kelas 6 bernama Ashish Kumar dan Gurucharan Biswas itu bertambah hingga senilai ratusan miliar rupiah pada 15 September lalu.

Berikut lima fakta seputar menggelembungnya rekening bocah SD di India:

1. Jumlah Total Nyaris Rp200 Miliar

Rekening bank Ashish dan Gurucharan bertambah masing-masing 62 juta dan 905,2 juta rupee (sekitar Rp12 miliar dan Rp174 miliar) atau jika ditotal mencapai hampir Rp200 miliar.

Mereka memiliki rekening di Bank Uttar Bihar Gramin yang dibuka di cabang Distrik Katihar.

2. Pengirim Misterius

Pengirim uang ke dua siswa SD di Distrik Katihar, India, belum diketahui. Ini yang membuat pemerintah setempat, bank, maupun orangtua kedua siswa bingung.

Kasus salah kirim rekening ini beberapa kali terjadi dengan pengirim tak diketahui.

Pejabat pemerintah Distrik Katihar Udayan Mishra menerima informasi mengenai membengkaknya rekening bank kedua siswa SD tersebut.

"Jumlah besar dikirim ke rekening kedua anak. Jumlahnya bisa dilihat di laporan," kata Mishra.

3. Rekening Dibekukan Sementara

Bank Uttar Bihar Gramin membekukan sementara rekening kedua siswa tersebut untuk alasan keamanan, apalagi orangtua mereka juga tak mengetahui.

“Begitu kami mengetahui tentang uang yang dikirim ke rekening kedua anak, kami menahan rekening dan menghentikan penarikan. Ketika saya bertanya kepada orangtua, mereka juga tidak bisa mengungkapkan sumber dana. Sekarang sedang kami selidiki untuk mengetahui siapa pengirimnya," kata pejabat Bank Uttar Bihar Gramin, MK Madhukar.

4. Kasus Serupa Pernah Terjadi 

Ini merupakan kejadian ketiga dalam setahun terakhir sejumlah besar uang dkirim ke rekening yang salah. Seorang pria warga desa di pinggiran Patna dijatuhi hukuman penjara karena tidak mengembalikan hampir 500.000 rupee yang nyawasa ke rekeningnya. Dia mengira uang itu bantuan dari pemerintahan Perdana Menteri Narendra Modi dan menolak mengembalikannya ke bank.

Pada September 2020, seorang remaja perempuan mendapati rekening banknya bertambah hampir 100 juta rupee atau sekitar Rp20 miliar. 

Dia mengatakan punya rekening di Bank Allahabad sejak 2018 dan belum pernah melihat uang sebanyak itu. Setelah mendapat informasi dari bank, Saroj langsung pergi ke kantor polisi untuk melaporkan kejanggalan tersebut.

Editor : Anton Suhartono

Bagikan Artikel: