Gara-Gara Beli Senjata Api untuk WN China, Perwira AL Ini Dihukum 4 Tahun Penjara

Ahmad Islamy Jamil ยท Kamis, 17 Maret 2022 - 07:22:00 WIB
Gara-Gara Beli Senjata Api untuk WN China, Perwira AL Ini Dihukum 4 Tahun Penjara
Ilustrasi penjara. (Foto: Reuters)

WASHINGTON DC, iNews.id – Seorang perwira penerbangan Angkatan Laut AS pada Rabu (16/3/2022) dijatuhi hukuman empat tahun penjara. Tentara itu mulai terseret hukum pada tahun lalu karena berbohong tentang pembelian dua senjata api untuk seorang warga negara China.

Terdakwa bernama Fan Yang itu adalah seorang letnan 37 tahun di Angkatan Laut AS yang terlatih dalam perang antikapal selam. Dia dinyatakan bersalah oleh juri pengadilan federal di Florida karena membeli senjata untuk kepala perusahaan kontraktor pertahanan China yang mempekerjakan istrinya.

“(Letnan) Fan Yang bersumpah untuk melindungi negara ini. Tetapi sebaliknya, dia justru menimbulkan risiko yang signifikan bagi keamanan nasional Amerika Serikat ketika dia gagal melaporkan kontaknya dengan kepala perusahaan kontraktor pertahanan China,” kata agen khusus FBI yang menangani kasus tersebut, Sherri Onks, dalam sebuah pernyataan yang dikutip Reuters, Kamis (17/3/2022).

“Tindakan ini bahkan lebih mengerikan, mengingat izin keamanan Top Secret Letnan Yang dan status tugas aktifnya sebagai perwira di Angkatan Laut AS,” ujar Onks.

Jaksa mengatakan, WN China bernama Songtao Ge yang mempekerjakan istri Yang di perusahaannya, Shanghai Breeze Technology Co Ltd pada 2016. Ge akhirnya membayar Yang lebih dari 300.000 dolar AS.

Pada 2017 dan 2018, Yang membeli dua senjata api untuk Ge. Kedua senjata itu berupa pistol Sig Sauer 9mm dan pistol Glock 9mm. Namun, Yang kala itu mengklaim dua senjata itu untuk dirinya sendiri, kata jaksa.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:







Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda