Gelandangan Semakin Banyak di California, Tenda Gubuk Bertebaran di Trotoar Los Angeles

Anton Suhartono ยท Rabu, 15 Januari 2020 - 06:16 WIB
Gelandangan Semakin Banyak di California, Tenda Gubuk Bertebaran di Trotoar Los Angeles

Tunawisna mendirikan tenda gubuk di pinggiran jalan Los Angeles (Foto: AFP)

LOS ANGELES, iNews.id - Gubernur California, Amerika Serikat, Gavin Newsom melakukan berbagai upaya untuk menekan gelandangan atau tunawisna di wilayahnya.

Dia memulai "tur tunawisma" selama sepekan penuh sejak Senin (13/1/2020) guna mengumpulkan 750 juta dolar AS atau sekitar Rp10 triliun untuk mengatasi semakin banyaknya orang yang tinggal di jalanan.

Newsom pekan lalu meminta anggota parlemen negara bagian untuk mencairkan 750 juta dolar AS dalam anggaran 2020-2021 dan berencana mengajukan petisi kepada pemerintah federal guna mencari tambahan uang untuk program Medicaid California demi meningkatkan layanan bagi para tunawisma.

Baca Juga: Kota di AS Ini Ingin Sulap Kapal Pesiar Jadi Tempat Tinggal Ribuan Tunawisma

Persinggahan pertamanya adalah warga di pinggiran California Grass Valley, kota berpenduduk sekitar 12.000 jiwa di pegunungan Sierra Nevada. Di sana dia memberikan kesadaran kepada wargamengenai permasalahan tunawisma.

"Tunawisma bukan hanya masalah di perkotaan, ini juga masalah pinggiran dan perdesaan. Tidak ada warga California yang boleh mengatakan bahwa tunawisma masalah orang lain," kata pria 52 tahun itu, dikutip dari Reuters, Rabu (15/1/2020).

"Di setiap sudut negara bagian ada terlalu banyak orang yang tinggal di jalanan. Krisis ini membutuhkan sumber daya masyarakat, dari ruang gawat darurat, penjara, hingga departemen pekerjaan umum. Dibutuhkan kemitraan yang belum pernah terjadi sebelumnya antara pemerintah daerah, negara bagian, dan pemerintah federal," ujarnya, menjelaskan.

Departemen Perumahan dan Pengembangan Perkotaan AS (HUD) memperkirakan, ada 130.000 orang yang kehilangan tempat tinggal di suatu daerah di California, lebih besar dibandingkan dengan negara bagian lain. Dihuni sekitar 39,6 juta jiwa, California merupakan negara bagian terpadat di AS.

Baca Juga: Ternyata, Hampir 400 Tunawisma Tidur di Emperan Toko di Melbourne

Namun upaya Newsom untuk mendapat dukungan dari pemerintah federal, tampaknya terganjal oleh Presiden Donald Trump. Maklum saja, Newsom merupakan politikus Partai Demokrat sedangkan Trump dari Republik.

Trump menyalahkan para pemimpin negara bagian dan daerah karena dianggap gagal menyelesaikan masalah tunawisma.

Saat berkunjung ke San Francisco dan Los Angeles pada September 2019, Trump mengatakan banyak jalan yang penuh sampah, kotoran, dan jarum suntik, ditinggalkan para tunawisma sehingga merusak keindahan kota.

Pada bulan yang sama Menteri HUD Ben Carson menolak permintaan California untuk menyediakan anggaran lagi.

Namun Wali Kota Los Angeles Eric Garcetti secara resmi meminta bantuan pemerintahan Trump secara mandiri. Kedua pihak melakukan negosiasi produktif mengenai masalah tersebut.


Editor : Anton Suhartono