Gempa Magnitudo 6,1 Taiwan Lukai 17 Orang dan Rusak Bangunan di Taipei

Anton Suhartono ยท Kamis, 18 April 2019 - 16:45 WIB
Gempa Magnitudo 6,1 Taiwan Lukai 17 Orang dan Rusak Bangunan di Taipei

Kepanikan warga Taipei saat gempa mengguncang gedung-gedung tinggi Kamis siang (Foto: Twitter)

TAIPEI, iNews.id - Korban akibat gempa bumi bermagnitudo 6,1 yang mengguncang Taiwan, Kamis (18/4/2019) siang, bertambah menjadi 17 orang.

Kuatnya guncangan juga merusak beberapa bangunan di ibu kota Taipei, memaksa evakuasi warga.

Baca Juga: Gempa Bermagnitudo 6,1 Guncang Taiwan

Dua di antara korban luka berada di Hualien termasuk seorang turis Malaysia yang mengalami luka parah. Mereka tertimpa reruntuhan batu.

Menurut keterangan Badan Pemadam Kebakaran Nasional, seperti dilaporkan AFP, turis asal Malaysia itu berjenis kelamin pria. Dia dilarikan ke rumah sakit dalam kondisi kritis akibat luka parah di kepala, serangan jantung, dan patah kaki.

Baca Juga: Ada Korban Luka Gempa Magnitude 6,1 di Taiwan, Termasuk Turis Asing

Badan pemadam kebakaran menambahkan, 15 korban luka lainnya berada di sekitar Taipei. Tak disebutkan jenis luka yang mereka alami.

Dua bangunan di kota itu untuk sementara disterilkan karena mengalami kerusakan struktur yang parah akibat guncangan gempa.

Gempa terjadi di sebelah timur Hualien dengan kedalaman 19 kilometer. Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) awalnya menyebut gempa bermagnitudo 6, namun dimutakhirkan menjadi 6,1.

Tak hanya Taiwan, Badan Meteorologi Jepang juga memperingatkan warga yang tinggal dekat pantai agar mewaspadai perubahan gelombang laut. Namun dipastikan gempa ini tak menimbulkan tsunami.

Taiwan berada di dekat persimpangan dua lempeng tektonik yang masih aktif. Gempa besar dengan magnitudo 7,6 terjadi pada September 1999 menewaskan sekitar 2.400 orang.


Editor : Anton Suhartono