Geng Bermotor Satroni Sejumlah Desa, Buat Kekacauan dan Bunuh 60 Warga

Ahmad Islamy Jamil ยท Jumat, 29 Mei 2020 - 05:07 WIB
Geng Bermotor Satroni Sejumlah Desa, Buat Kekacauan dan Bunuh 60 Warga

Ilustrasi senjata api. (Foto: AFP)

ABUJA, iNews.id – Geng bermotor yang dilengkapi senjata api menewaskan 60 orang dalam serangkaian serangan terhadap desa-desa di barat laut Nigeria yang bergolak. Puluhan bandit bersenjata itu menyerbu lima desa di Distrik Sabon Birni, Negara Bagian Sokoto, Nigeria Rabu (27/5/2020) malam.

“Kami menerima total 60 mayat dan beberapa orang dengan luka tembak dari desa-desa yang diserang oleh para bandit tadi malam,” kata seorang perawat di sebuah rumah sakit umum di Sabon Birni kepada AFP, Kamis (28/5/2020).

Petugas medis lainnya mengatakan, semua jenazah itu memiliki luka tembak. “Kebanyakan dari korban ditembak di kepala,” ujarnya.

Kedua sumber itu meminta untuk tidak disebutkan namanya karena mereka tidak berwenang untuk berbicara dengan wartawan mengenai insiden tersebut.

Seorang pemimpin adat setempat juga berbicara secara anonim karena takut akan serangan susulan dari para penjahat. Dia mengatakan, geng motor dan bersenjata itu menembaki rumah-rumah ketika penduduk tengah berkumpul.

“Kami kehilangan 60 orang dalam serangan itu. Bandit membunuh 16 orang di Garki, 13 orang di Dan Aduwa, 22 orang di Kuzari, tujuh di Katuma, dan dua di Masawa,” katanya kepada AFP.

Nigeria bagian barat laut telah dihantam oleh kekerasan bertahun-tahun yang melibatkan bentrokan antarkomunitas yang bersaing atas tanah, di samping serangan geng kriminal bersenjata berat, dan pembunuhan pembalasan oleh kelompok masyarakat yang main hakim sendiri.

Aksi para bandit yang memiliki spesialisasi dalam pencurian ternak dan penculikan dengan meminta tebusan juga merebak di sejumlah daerah di Nigeria di tengah kosongnya rasa keamanan. Distrik Sabon Birni, 175 kilometer dari ibu kota Negara Bagian Sokoto, dalam beberapa waktu terakhir telah berulang kali diserang oleh gerombolan bersenjata.

Pada Senin (25/5/2020) lalu, 18 orang tewas ketika kelompok bersenjata menyerbu lima desa lain di Distrik Sabon Birni.

Editor : Ahmad Islamy Jamil