George Blake, Eks Mata-Mata Inggris dan Agen Ganda Soviet Dimakamkan ala Militer di Moskow

Ahmad Islamy Jamil ยท Rabu, 30 Desember 2020 - 23:22:00 WIB
George Blake, Eks Mata-Mata Inggris dan Agen Ganda Soviet Dimakamkan ala Militer di Moskow
George Blake saat di Moskow pada 28 Juni 2001. (Foto: Reuters)

MOSKOW, iNews.idRusia baru saja memamkamkan mantan mata-mata Inggris yang juga agen ganda Uni Soviet, George Blake, Rabu (30/12/2020). Pria kelahiran Belanda itu meninggal di usia 98 tahun, dan dikuburkan dengan penghormatan militer ala Rusia empat hari setelah kematiannya.

Kantor berita RIA melaporkan,  Blake dimakamkan di Pemakaman Troyekurovskoye di Moskow Barat. Presiden Rusia Vladimir Putin—yang juga mantan perwira KGB (Badan Intelijen Uni Soviet)—telah mengungkapkan rasa duka cita pada akhir pekan lalu. 

Dia pun menggambarkan Blake sebagai seorang “profesional yang luar biasa”. Putin juga memuji Blake sebagai sosok yang punya keberanian khusus yang memberikan kontribusi tak ternilai bagi keseimbangan strategis dan perdamaian global.

“Kenangan akan orang legendaris (Blake) ini akan tersimpan selamanya di hati kita,” tulis Putin dalam pesan belasungkawa yang dipublikasikan Kremlin, Sabtu (26/12/2020) lalu.

Inggris menyatakan, Blake telah membongkar identitas ratusan agen mata-mata dari Blok Barat di seluruh Eropa Timur pada dasawarsa 1950-an. Beberapa di antara mereka dieksekusi mati oleh Moskow gara-gara pengkhianatannya itu.

Dalam sebuah wawancara dengan Reuters di Moskow pada 1991, Blake merefleksikan dirinya sebagai seorang komunis. Dia bahkan meyakini, dunia ketika itu sedang menuju komunisme.

“Itu adalah cita-cita yang, jika bisa dicapai, akan sangat berharga,” katanya.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2