Gereja Notre Dame Terbakar, Trump: Tuhan Memberkati Warga Prancis!

Nathania Riris Michico ยท Selasa, 16 April 2019 - 09:02 WIB
Gereja Notre Dame Terbakar, Trump: Tuhan Memberkati Warga Prancis!

Presiden AS Donald Trump. (FOTO: AFP/Getty Images)

PARIS, iNews.id - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump ikut angkat bicara terkait kebakaran yang melanda Gereja Katedral Notre Dame, Paris, Prancis. Trump menyebut kebakaran itu sebagai peristiwa yang mengerikan.

"Sungguh mengerikan menyaksikan kebakaran besar di Katedral Notre Dame di Paris," cuit Trump lewat akun Twitter-nya, seperti dikutip iNews.id, Selasa (16/4/2019).

Trump juga memberikan saran agar api yang melalap gereja yang masuk dalam situs warisan dunia UNESCO itu cepat dipadamkan.

"Mungkin flying water tanker (heli water bombing) bisa digunakan untuk memadamkannya. Harus bertindak cepat!" katanya.

Tak lama setelah itu, Trump mendoakan seluruh rakyat Prancis.

"Tuhan memberkati warga Prancis!" tambahnya.

Gereja Notre Dame terbakar pada Senin (15/4) sore waktu setempat. Sebanyak 400 petugas pemadam kebakaran diterjunkan untuk memadamkan gereja yang dibangun pada abad 12 itu.

Bangunan ini mengalami sejumlah proyek restorasi selama berabad-abad, termasuk yang membersihkan permukaan jelaga dan kotoran katedral pada 1960-an, mengembalikannya ke warna aslinya.

Katedral, yang masih digunakan secara aktif sebagai sebuah gereja, mengharapkan kedatangan pengunjung minggu ini, Pekan Suci, menjelang Minggu Paskah.

Hingga saat ini penyebab kebakaran belum diketahui, meskipun katedral sedang direnovasi pada saat kebakaran. Kantor kejaksaan Paris membuka penyelidikan untuk menentukan penyebabnya.


Editor : Nathania Riris Michico