Giliran Putin Kirim Ucapan Selamat Atas Kemenangan Jokowi

Nathania Riris Michico ยท Kamis, 23 Mei 2019 - 08:21 WIB
Giliran Putin Kirim Ucapan Selamat Atas Kemenangan Jokowi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden Rusia Vladimir Putin. (FOTO: AFP PHOTO / POOL / Alexander Zemlianichenko)

MOSKOW, iNews.id - Satu per satu sejumlah kepala negara dan pemimpin dunia menyampaikan ucapan selamat kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang terpilih kembali sebagai presiden Indonesia. Setelah sebelumnya Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan beberapa kepala negara di Asia, kali ini giliran Presiden Rusia Vladimir Putin yang memberikan ucapan selamat.

"Vladimir Putin mencatat bahwa di Rusia Joko Widodo dikenal sebagai pembela prinsip pengembangan hubungan persahabatan antara kedua negara dan menyatakan keyakinannya bahwa kegiatannya sebagai kepala negara akan membantu memperluas kerja sama Rusia-Indonesia di berbagai bidang, serta sebagai mitra -seperti kerja sama dalam menangani masalah topikal di Wilayah Asia-Pasifik," kata Putin, dalam situs kepresidenan Rusia, Kamis (23/5/2019).

"Presiden Rusia menegaskan kembali kesiapannya untuk melanjutkan dialog konstruktif dan kerja sama untuk kepentingan rakyat Rusia dan Indonesia," sambung pesan tersebut.

Presiden Jokowi, yang dalam pemilu presiden kali ini berpasangan dengan Ma'ruf Amin berhasil mengalahkan pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dalam Pemilu Presiden 2019 pada 17 April lalu.

Pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin unggul atas pasangan Prabowo-Sandiaga berdasarkan penetapan hasil Pilpres 2019 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Dari 34 provinsi, Jokowi-Ma’ruf menang di 21 provinsi dan Prabowo-Sandi 13 provinsi.

Dalam rapat pleno di KPU, Jakarta, Senin (20/5/2019), Jokowi-Ma’ruf meraih 85.607.362 suara atau 55,50%. Sementara Prabowo-Sandi mendapatkan 68.650.239 suara atau 44,50%.


Editor : Nathania Riris Michico