Grumpy, Kucing yang Menjadi Bintang Internet karena Wajah Cemberutnya Mati

Anton Suhartono ยท Jumat, 17 Mei 2019 - 19:16 WIB
Grumpy, Kucing yang Menjadi Bintang Internet karena Wajah Cemberutnya Mati

Grumpy mati di usia 7 tahun (Foto: AFP)

ARIZONA, iNews.id - Kucing yang terkenal di internet karena wajah cemberutnya mati dalam usia 7 tahun, Selasa (15/5/2019).

Pemilik, Tabitha Bundesen, mengatakan, kucing bernama Grumpy itu mati akibat komplikasi saluran kemih.

"Dia telah membuat jutaan orang di dunia tersenyum," kata pemilik, dalam pernyataannya di Twitter, seperti dilaporkan kembali BBC, Jumat (17/5/2019).

Kucing dengan nama asli Tardar Sauce itu sempat menjadi viral pada 2012 setelah foto-foto ekspresi cemberutnya beredar di dunia maya. Tampang cemberut permanennya itu juga dijadikan meme.

Menurut Bundesen, ekspresi wajah cemberut itu disebabkan Grumpy merupakan kucing kerdil.

Dia sempat berkeliling dunia dan tampil di televisi dan pada 2014. Madame Tussauds di San Francisco membuatkan patung lilinnya pada 2015.

Di Instagram, Grumpy juga terkenal dengan memiliki lebih dari 2 juta pengikut.

Kasus hukum pada 2018 membuat Grumpy semakin dikenal. Bundesen memenangkan gugatan 710.000 dolar AS terkait pelanggaran hak cipta.

Grumpy Cat Limited menggugat pemilik perusahaan kopi AS, Grenade, karena melanggar kesepakatan atas gambar kucing itu.

Perusahaan hanya memiliki hak untuk menggunakan gambar Grumpy pada produk minuman es 'Grumppuccino', namun menggunakannya pada produk lain.

Bundesen sebelumnya bekerja sebagai pelayan sebelum hewan peliharaan kesayangannya mendapatkan ketenaran di internet. Kepada surat kabar Express dia mengaku berhenti dari pekerjaannya beberapa hari setelah Grumpy menjadi bintang internet.


Editor : Anton Suhartono