Hal Legal di Amerika Serikat yang Ilegal di Negara Lain, Apakah Ada?

Ami Heppy S · Senin, 03 Oktober 2022 - 21:30:00 WIB
Hal Legal di Amerika Serikat yang Ilegal di Negara Lain, Apakah Ada?
Hal Legal di Amerika Serikat yang Ilegal di Negara Lain (Foto: Getty Images)

JAKARTA, iNews.id - Rupanya ada hal legal di Amerika Serikat yang ilegal di negara lain. Hal ini karena setiap negara di dunia, termasuk Amerika Serikat pastinya memiliki aturan hukumnya sendiri yang terkadang sangat bertentangan dengan hukum di negara lainnya.

Lantas, apa hal yang dianggap legal di Amerika Serikat namun ilegal di negara lain? Berikut iNews.id telah merangkum informasinya.

Hal Legal di Amerika Serikat yang Ilegal di Negara Lain

1. Membawa Senjata di Ruang Publik

Perdebatan tentang kontrol senjata di Amerika Serikat telah meningkat selama beberapa tahun terakhir, dipicu oleh penembakan massal yang sering terjadi di lingkungan sipil.

Mengutip cfr.org, kekerasan senjata menjadi penyebab utama kematian anak-anak dan remaja di Amerika Serikat.

Secara khusus, ketersediaan senjata serbu dan amunisi telah memicu diskusi nasional setelah beberapa penembakan massal terhadap anak-anak sekolah, yang terbaru di Uvalde, Texas. 

Namun, Kongres telah berulang kali tidak dapat meloloskan undang-undang senjata yang berarti setelah tragedi ini meskipun ada dukungan publik yang luas untuk pembatasan baru.

Terbaru, Mahkamah Agung AS pada 26 Agustus 2022 menolak aturan negara bagian New York tentang aturan pembatasan untuk membawa pistol di ruang publik. 

Dampak dari keputusan ini memungkinkan lebih banyak orang untuk membawa senjata secara legal di jalan-jalan New York maupun kota-kota besar lainnya seperti Los Angeles dan Boston.

Terkait putusan ini, Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengungkapkan kekecewaannya. Biden juga mendesak negara-negara bagian untuk terus memberlakukan dan menegakkan hukum untuk menjaga warga negara aman dari kekerasan senjata.

Editor : Komaruddin Bagja

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel:








Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda