Hawaii Larang Penggunaan Sunblock Mengandung Bahan Kimia Berbahaya

Nathania Riris Michico ยท Kamis, 05 Juli 2018 - 12:06:00 WIB
Hawaii Larang Penggunaan Sunblock Mengandung Bahan Kimia Berbahaya
Hawaii larang penggunaan sunblock yang mengandung dua bahan kimia karena bisa merusak terumbu karang. (Foto: Yahoo)

HONOLULU, iNews.id - Merek-merek tabir surya atau sunblock terkenal, seperti Banana Boat hingga Coppertone, harus mengubah kandungan produk mereka jika ingin laku di Hawaii.

Pasalnya, Gubernur Hawaii David Ige mengesahkan undang-undang (UU) yang melarang penggunaan sunblock mengandung dua bahan kimia karena bisa merusak terumbu karang.

Aturan ini membuat Hawaii menjadi negara bagian Amerika Serikat (AS) pertama yang memberlakukan undang-undang untuk melindungi ekosistem laut.

"Ini hanya satu langkah kecil untuk melindungi dan memulihkan kehidupan terumbu di Hawaii," kata Ige, seperti dilaporkan Associated Press (AP), Kamis (5/7/2018).

"Bahan kimia seperti oxybenzone dan octinoxate memiliki dampak berbahaya yang signifikan pada lingkungan laut Hawaii dan ekosistem yang ada," demikian isi UU SB 2571, yang disahkan oleh legislator pada Mei.

Begitu UU diterapkan, yakni pada 2021, sunblock yang mengandung dua bahan kimia itu tak boleh lagi digunakan.

Namun, UU masih memberikan dispensisasi kepada mereka mengalami kondisi tertentu, seperti alergi kulit dan lainnya. Itu pun mereka harus memiliki resep dokter dari penyedia layanan kesehatan berlisensi.

"Oxybenzone dan octinoxate menyebabkan kematian terhadap perkembangan karang; meningkatkan pemutihan karang yang menunjukkan tekanan yang ekstrem, bahkan pada suhu di bawah 87,8 derajat Fahrenheit menyebabkan kerusakan genetik pada karang dan organisme laut lainnya," demikian isi SB 2471.

RUU itu memicu beragam komentar, ditentang berbagai perusahaan dan asosiasi bisnis, bahkan beberapa dokter kulit. Mereka khawatir larangan itu dapat mencegah orang dari memakai sunblock sama sekali.

"Jadi, Hawaii pasti berada di ujung tombak dengan melarang bahan kimia berbahaya ini di tabir surya," kata Gabbard, legislator Partai Demokrat yang memperkenalkan UU ini.

"Ketika Anda memikirkannya, surga pulau kami yang dikelilingi oleh terumbu karang, adalah tempat yang tepat untuk menetapkan standar emas untuk diikuti oleh dunia. Ini akan membuat perbedaan besar dalam melindungi terumbu karang, kehidupan laut, dan kesehatan manusia," kata dia.

Editor : Nathania Riris Michico

Bagikan Artikel: