Heboh, Ada Kamera di Perangkat Hiburan Pesawat Singapore Airlines

Anton Suhartono ยท Kamis, 21 Februari 2019 - 13:47 WIB
 Heboh, Ada Kamera di Perangkat Hiburan Pesawat Singapore Airlines

Kamera kecil di bawah layar perangkat hiburan Singapore Airlines (Foto: Twitter/Vitaly Kamluk)

SINGAPURA, iNews.id - Maskapai Singapore Airlines menjawab keluhan para penumpang soal keberadaan kamera dekat layar perangkat hiburan di setiap bangku.

Keluhan ini mulanya disampaikan beberapa penumpang melalui akun Twitter dan platform media sosial lain karena merasa terganggu. Ada lensa kecil di bawah layar perangkat entertainment yang dipasang di belakang setiap kursi.

"Baru saja menemukan sensor yang menarik menatap saya di Singapore Airlines. Adakah ahli yang berpendapat bahwa ini adalah kamera?" cuit penumpang bernama Vitaly Kamluk.

Dia menyertakan beberapa foto layar yang di bawahnya terdapat lensa kecil. Sekilas, penumpang tak langsung menyadari bagian itu merupakan kamera.

Warganet lain mendesak maskapai memberi tahu soal keberadaan lensa tesebut.

"Beritahu semua penumpang dan minta persetujuan dari mereka, terutama warga Eropa, mengapa Anda melakukan ini. Apa yang Anda lakukan dengan data tersebut dan berapa lama Anda menyimpannya?" cuit netizen lain.

Singapore Airlines membenarkan lensa tersebut merupakan kamera, namun tidak diaktifkan. Kamera itu dipasang di beberapa armada baru Singapore Airlines.

"Kamera-kamera ini dirancang oleh produsen untuk pengembangan di masa depan. Kamera-kamera ini telah dinonaktifkan secara permanen di pesawat kami dan tidak dapat diaktifkan di pesawat," bunyi pernyataan Singapore Airlines, dikutip dari AFP, Kamis (21/2/2019).

"Kami tidak punya rencana mengaktifkan atau mengembangkan fitur apa pun menggunakan kamera."

Editor : Anton Suhartono