Helikopter Militer AS Jatuh di Afghanistan, Taliban Klaim akibat Tembakan

Anton Suhartono ยท Rabu, 20 November 2019 - 13:43 WIB
Helikopter Militer AS Jatuh di Afghanistan, Taliban Klaim akibat Tembakan

Helikopter militer AS jatuh di Afghanistan tewaskan 2 tentara (Ilustrasi, Foto: AFP)

WASHINGTON, iNews.id - Dua tentara Amerika Serikat (AS) tewas setelah helikopter yang mereka naiki jatuh di Afghanistan, Rabu (20/11/2019).

Taliban mengklaim telah menembak jatuh helikopter di Distrik Charkh, Provinsi Logar, pada Rabu pukul 01.00 waktu setempat.

"Tentara AS akan menyerang basis mujahidin, namun helikopter mereka ditembak jatuh dan terbakar. Semua yang berada di dalamnya tewas," kata juru bicara Taliban, Zabihullah Mujahid, dikutip dari AFP.

Sementara itu dalam pernyataan, Pasukan AS di Afghanistan menyebut, helikopter jatuh akibat kecelakaan. Mereka membantah pernyataan Taliban yang menyebut helikopter mereka terkena tembakan.

"Bagaimanapun laporan awal tak mengindikasikan bahwa kecelakaan ini disebabkan tembakan musuh," demikian pernyataan Pasukan AS di Afghanistan.

Dalam pernyataan tersebut tak disebutkan lokasi persis kecelakaan serta identitas kedua korban. Pasukan AS baru akan mengumumkan identitas mereka setelah lebih dulu memberi tahu kerabat.

Saat ini tersisa sekitar 13.000 pasukan AS di Afghanistan, 18 tahun setelah Negeri Paman Sam memulai operasi pascaserangan 11 September 2001.

Presiden Donald Trump sebelumnya mengatakan sangat ingin menarik pasukannya dari Afghanistan, namun pemimpin Kepala Staf Gabungan Mark Milley mengatakan bahwa pasukan AS akan tetap berada di negara itu sampai beberapa tahun mendatang.

PBB mengungkap, lebih dari 2.500 warga sipil Afghanistan tewas dalam pertempuran dan kekerasan sepanjang tahun ini.


Editor : Anton Suhartono