​Ikuti Konferensi Tahunan IAEA, Ini Seruan Menlu Retno Terkait Penggunaan Nuklir

Umaya Khusniah · Selasa, 21 September 2021 - 19:36:00 WIB
​Ikuti Konferensi Tahunan IAEA, Ini Seruan Menlu Retno Terkait Penggunaan Nuklir
Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengikuti dalam pertemuan General Conference ke-65 Badan Energi Atom Dunia (IAEA). (Foto: Kemenlu)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi  menyerukan penggunaan nuklir untuk tujuan damai. Salah satu aplikasinya yakni penggunaan teknologi nuklir untuk mengembangkan varietas padi unggul. 

“Kita harus terus mendorong penggunaan nuklir untuk tujuan damai,” kata Retno, dalam pertemuan General Conference ke-65 Badan Energi Atom Dunia (International Atomic Energy Agency/IAEA) yang dilangsungkan secara virtual, Senin (20/9/2021). 

Dia mengatakan, nuklir dapat menjadi senjata yang mengerikan. Hingga saat ini, dunia masih belum sepenuhnya terbebas dari ancaman dan perlombaan senjata nuklir.
 
Pada saat yang sama, nuklir juga dapat digunakan untuk tujuan-tujuan yang bermanfaat bagi umat manusia. Untuk itu, tiga aspek penting harus dipastikan, yaitu keselamatan (safety), keamanan (security), dan perlindungan (safeguards) nuklir.

"Salah satu aplikasinya yakni penggunaan teknologi nuklir untuk mengembangkan varietas padi yang unggul," katanya.

Sejak 2013, Indonesia yang diwakili oleh Kelompok Peneliti Pemuliaan Tanaman Pangan (PAIR) bekerja sama dengan IAEA dan Badan Pangan Dunia (FAO) telah mengembangkan 23 varietas padi baru. Kiprah Indonesia tersebut diapresiasi oleh dunia internasional sehingga mendapatkan penghargaan FAO/IAEA Outstanding Achievement Award sebanyak dua kali, yaitu di 2014 dan 2021.

Editor : Umaya Khusniah

Halaman : 1 2

Bagikan Artikel: