India Berencana Bangun Stasiun Luar Angkasa 'Mini' Berbobot 20 Ton

Nathania Riris Michico ยท Jumat, 14 Juni 2019 - 12:28 WIB
India Berencana Bangun Stasiun Luar Angkasa 'Mini' Berbobot 20 Ton

Ilustrasi stasiun luar angkasa. (FOTO: doc. NDTV)

NEW DELHI, iNews.id - India mengumumkan rencana meluncurkan stasiun antariksa milik mereka sendiri. Kepala Badan Antariksa India, Kailasavadivoo Sivan, menyebut India menargetkan 2030 sebagai tahun peluncuran stasiun antariksa yang berbobot 20 ton.

Sivan mengatakan, India tidak akan berkolaborasi dengan negara mana pun dalam misi ambisius tersebut.

Menurut Sivan, seperti dilaporkan Associated Press, Jumat (14/6/2019), stasiun antariksa itu diperlukan untuk mendukung penerbangan antariksa pertama India yang membawa manusia.

BACA JUGA: India Sukses Mengirim 29 Satelit ke Orbit dalam Sekali Peluncuran

"Stasiun luar angkasa kami akan berukuran sangat kecil dan berguna untuk melakukan eksperimen," kata Sivan.

"Kami tidak memiliki rencana besar seperti mengirimkan manusia untuk wisata luar angkasa atau hal-hal lainnya," sambung Sivan, mengacu pada rencana NASA yang akan membuka Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) untuk turis.

BACA JUGA: India Sukses Uji Coba Rudal Jelajah Tercepat di Dunia, Melaju 3.450 Km/Jam

Pembangunan stasiun luar angkasa berukuran "sangat kecil" itu diharapkan dapat terlaksana usai India meluncurkan misi penerbangan luar angkasa berawak pertama pada 2022 mendatang.

Proyek stasiun antariksa itu akan menjadi langkah penting lainnya dalam ambisi India yang kian besar dalam menjelajahi ruang angkasa. Pada Juli mendatang, India berencana meluncurkan misi yang kedua ke bulan.

Satu-satunya stasiun antariksa yang beroperasi saat ini adalah Stasiun Antariksa Interasional, yang dimiliki oleh konsorsium beberapa negara.


Editor : Nathania Riris Michico