India Keluarkan Peringatan Banjir Lagi, Korban Tewas Capai 244 Orang

Anton Suhartono ยท Rabu, 14 Agustus 2019 - 19:45 WIB
India Keluarkan Peringatan Banjir Lagi, Korban Tewas Capai 244 Orang

Banjir yang melanda India hingga Rabu (14/8) menewaskan 244 orang (Foto: AFP)

NEW DELHI, iNews.id - India mengeluarkan peringatan banjir terbaru, Rabu (14/8/2019), untuk Negara Bagian Kerala. Banjir yang menerjang empat negara bagian di India hingga saat ini telah menewaskan setidaknya 244 orang.

Pihak berwenang memperingatkan warga Kerala akan potensi hujan deras selama 24 sampai 48 jam ke depan di beberapa daerah.

Hujan deras di empat negara bagian India, yakni Kerala, Karnataka, Maharashtra, dan Gujarat, memaksa lebih dari 1,2 juta warga mengungsi. Sebagian besar menempati pusat-pusat penampungan yang didirikan pemerintah.

Pada 2018, Kerala dilanda banjir terburuk dalam 100 tahun terakhir, di mana 450 orang tewas. Selain itu banyak infrastruktur di negara bagian itu yang hancur, seperti jalan raya, sarana kereta api, dan lainnya.

Kepolisian Kerala mengungkap, korban tewas akibat banjir tahun ini mencapai 95 orang, terhitung hingga Selasa malam. Selain itu, sedikitnya 59 orang hilang.

Sementara itu korban tewas di Karnataka merupakan yang terbanyak kedua dengan merenggut 58 nyawa. Berbeda dengan Kerala, kondisi di Karnataka saat ini sudah jauh membaik, air mulai surut.

Di dua negara bagian, yakni Gujarat dan Maharashtra, korban tewas mencapai 91 orang.

"Kami menemukan 49 jenazah sejauh ini di berbagai daerah termasuk Sangli, Kolhapur, Satara, dan Pune. Sebagian besar kematian disebabkan tenggelam dan tertimpa bangunan runtuh," kata pejabat kepolisian Pune, Deepak Mhaisekar, dikutip dari AFP.

Namun dia mengindikasikan jumlah korban tewas bakal meningkat karena masih ada warga yang hilang.


Editor : Anton Suhartono