Ini Harapan Palestina kepada Joe Biden setelah Menjabat Presiden AS

Ahmad Islamy Jamil · Minggu, 08 November 2020 - 17:22:00 WIB
Ini Harapan Palestina kepada Joe Biden setelah Menjabat Presiden AS
Presiden Palestina, Mahmoud Abbas. (Foto: AFP)

RAMALLAH, iNews.idPalestina punya harapan pada Joe Biden yang baru saja terpilih sebagai presiden AS periode berikutnya. Presiden Palestina, Mahmoud Abbas, meminta Biden untuk meningkatkan kembali hubungan antara Palestina dan Amerika.

Sebelumnya, hubungan kedua negara menjadi rusak selama masa jabatan Presiden Donald Trump. Kerusakan itu terjadi terutama setelah AS mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel. Dalam sebuah pernyataan berisi ucapan selamat kepada Biden dan wakil presiden AS terpilih, Kamala Harris, Abbas mengatakan dia berharap untuk bekerja dengan pemerintahan Amerika yang akan datang.

“Untuk meningkatkan hubungan Palestina-Amerika dan mencapai kebebasan, kemerdekaan, keadilan dan martabat bagi rakyat kami,” ujarnya, dikutip AFP, Minggu (8/11/2020).

Abbas yang mengepalai Otoritas Palestina di Ramallah, memutuskan hubungan dengan pemerintahan Trump, menuduhnya sangat pro-Israel. Trump memotong dana ke badan PBB yang bertanggung jawab atas pengungsi Palestina (UNRWA).

Trump juga menolak anggapan yang menyebut Yerusalem Timur yang dicaplok Israel harus berfungsi sebagai ibu kota negara Palestina di masa depan. Alih-alih mendukung cita-cita rakyat Palestina, politikus Partai Republik itu malah mengakui Yerusalem sebagai “ibu kota Israel yang tidak terbagi”.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda