Ini Tanggapan Media Iran soal Keluarnya AS dari Kesepakatan Nuklir

Anton Suhartono ยท Rabu, 09 Mei 2018 - 13:45:00 WIB
Ini Tanggapan Media Iran soal Keluarnya AS dari Kesepakatan Nuklir
Media Iran menjadikan berita AS menarik diri dari kesepakatan nuklir sebagai headline (Foto: AFP)

TEHERAN, iNews.id - Media Iran menanggapi keputusan Amerika Serikat (AS) menarik diri dari kesepakatan nuklir 2015 melalui sindiran. Ada pula yang mengecamnya sebagai sikap tidak konsisten pemerintahan Donald Trump, padahal kesepakatan ini sudah diteken saat kepemimpinan Barack Obama.

"Kesepakatan nuklir tanpa biang kerok," demikian judul surat kabar reformis, Etemad, sebagaimana dilaporkan AFP, Rabu (9/5/2018).

Di halaman muka surat kabar itu juga terpampang pernyataan Presiden Hassan Rouhani melalui Twitter, "Kami telah terbebas dari kejahatan orang yang tidak menghormati komitmen. Kesepakatan nuklir akan terus berlanjut jika kepentingan Iran terjamin."

Media reformis lain, Aftab, menulis, "Keputusan Teheran yang logis untuk tetap berada di kesepakatan 2015 dengan bantuan dari negara lain, Inggris, Prancis, Jerman, China, Rusia, dan Uni Eropa."

Lain halnya dengan media konservatif yang mengecam dengan kata-kata keras.

"Trump telah merobek kesepakatan nuklir, sudah waktunya bagi kita untuk membakarnya," demikian laporan surat kabar garis keras Kayhan, menegaskan kembali ancaman dari pemimpin spiritual Ayatollah Ali Khamenei.

Surat kabar konservatif lain, Javan, menulis judul di halaman muka, "Iran akan bersatu dan melawan."

"Ini saatnya untuk berastu dan tidak menyalahkan pihak lain. Ini kesempatan untuk pemaruan Iran. 'Death to America' bukan hanya slogan, AS secara efektif sudah mati di mata kita," demikian penjelasan di badan beritanya.

Namun media konservatif lain, Farheekhtegan, tak yakin dengan komitmen Uni Eropa untuk tetap konsisten dengan kesepakatan 2015.

"Eropa tak punya kapasitas untuk mempertahankan kesepakatan nuklir. Hasil dari semua tawar menawar mereka dengan Trump lebih menekan Iran."

Editor : Anton Suhartono