Intelijen AS Tak Heran Korut Perluas Pangkalan Rudal dan Nuklirnya

Nathania Riris Michico ยท Jumat, 07 Desember 2018 - 09:47 WIB
Intelijen AS Tak Heran Korut Perluas Pangkalan Rudal dan Nuklirnya

Foto-foto satelit menunjukkan bahwa Korea Utara masih terus melakukan aktivitas untuk meningkatkan pangkalan misil. (Foto: Reuters).

WASHINGTON, iNews.id - Upaya-upaya Korea Utara (Korut) untuk meningkatkan dan memperluas pangkalan misil jarak jauh tidak mengherankan pejabat-pejabat intelijen Amerika Serikat (AS), yang sejak lama was-was pada janji-janji Korut untuk melucuti senjata nuklirnya.

Foto-foto baru dari satelit menunjukkan apa yang tampak sebagai perbaikan di pangkalan misil Yeongjeo-dong, sebuah fasilitas yang terletak di dalam pegunungan Korut, dan juga di fasilitas terbaru, di Hoejung-ri, yang jaraknya 11 kilometer dari Yeongjeo-dong.

"Pengamatan kami belum berubah," kata seorang pejabat intelijen AS, saat ditanya tentang foto-foto satelit itu.

"Korea Utara punya tugas besar untuk dilakukan. Sebelum tugas itu selesai sepenuhnya dan mereka selesai melakukan tugas mereka, kita harus tetap skeptis," tandasnya.

Baca juga: Korut Perluas Lokasi Pangkalan Nuklir dan Bangun Fasilitas Rudal Baru

Foto-foto yang diperoleh CNN menunjukkan, Korut mulai membangun fasilitas besar di bawah tanah pada 2017 dan pembangunan itu masih berlangsung hingga Agustus tahun ini.

Menurut para ahli, lokasi itu cocok menjadi 'tuan rumah' dari rudal jarak jauh terbaru Korut, bahkan bisa membawa hulu ledak nuklir.

Baca juga: Korut Dituduh Menipu dan Sembunyikan Fasilitas Nuklir Rahasia dari AS

Sebelumnya, pada akhir pekan lalu Trump mengaku berharap untuk bisa kembali bertemu dengan Kim pada awal 2019. Korut sendiri terus mendesak agar AS meringankan sanksi atas mereka.

Namun, para pejabat AS bersikeras agar Korut melakukan denuklirisasi lengkap, diverifikasi, dan ireversibel di semenanjung Korea sebelum sanksi keras dicabut.

Baca juga: Korea Utara Ledakkan 10 Pos Penjaga di Zona Demiliterisasi


Editor : Nathania Riris Michico