Iran Desak Turki Segera Hentikan Serangan ke Suriah

Nathania Riris Michico ยท Kamis, 10 Oktober 2019 - 17:48 WIB
Iran Desak Turki Segera Hentikan Serangan ke Suriah

Asap mengepul menyusul pengeboman Turki di kota timur laut Ras al-Ain di provinsi Hasakeh Suriah di sepanjang perbatasan Turki. (FOTO: AFP)

TEHERAN, iNews.id - Iran menyerukan kepada Turki untuk menghentikan serangan ke timur laut Suriah yang dikuasai Kurdi. Iran khawatir, serangan Turki membahayakan warga sipil di zona konflik itu.

"Iran menekankan (perlunya) penghentian segera serangan dan kepergian unit militer Turki dari wilayah Suriah," demikian pernyataan kementerian luar negeri Iran, seperti dilaporkan AFP, Kamis (10/10/2019).

Iran merupakan sekutu dekat pemerintah Suriah, yang berusaha mengeksploitasi serangan Turki terhadap pasukan Kurdi. Kurdi merupakan pasukan andalan kampanye pimpinan Amerika Serikat (AS) untuk menghabisi ISIS di Suriah.

Sebelumnya konvoi besar bus-bus yang membawa pemberontak Tentara Pembebasan Suriah dan truk-truk yang sarat dengan peralatan tiba di kota perbatasan Akcakale, pada Rabu pagi (9/10), dalam persiapan memasuki Suriah.

Konvoi itu dikirim ketika direktur komunikasi Presiden Tayyip Erdogan mengatakan militer Turki, bersama dengan Tentara Pembebasan Suriah akan segera melintasi perbatasan Suriah.

Pada Selasa (8/10), Turki memindahkan peluncur roket dan artileri ke perbatasan dengan Suriah. Melalui media sosial, para pejabat Kurdi menuduh bahwa beberapa mortir sudah digunakan untuk menembaki posisi yang digunakan oleh pemberontak Suriah yang didukung oleh AS itu.

Pasukan Demokrat Suriah (SDF) di dekat perbatasan Turki menyatakan, tidak ada korban dan menyebut serangan itu tidak beralasan.


Editor : Nathania Riris Michico