Iran Tembak Jatuh Drone Tak Dikenal di Perairan Teluk

Anton Suhartono ยท Jumat, 08 November 2019 - 19:18 WIB
Iran Tembak Jatuh Drone Tak Dikenal di Perairan Teluk

Iran tembak jatuh drone tak dikenal di Teluk (Foto: AFP)

TEHERAN, iNews.id - Militer Iran menembak jatuh drone tak dikenal di dekat Pelabuhan Bandar e Mahshahr, perairan Teluk, Jumat (8/11/2019) pagi waktu setempat.

Kantor berita Tasnim melaporkan, drone ditembak jatuh di wilayah udara Iran menggunakan rudal darat-udara buatan Mersad.

"Militer Iran menembak jatuh sebuah drone tak dikenal di kota pelabuhan Mahsharh," demikian laporan Tasnim.

Sejauh ini belum ada informasi lebih rinci yang dibagikan, termasuk jenis drone dan penggunaannya apakah untuk sipil atau militer.

Sementara itu stasiun televisi berbahasa Arab, Al Alam TV, melaporkan, warga di kota pelabuhan Imam Khomeini mendengar suara rudal diluncurkan pada Jumat pagi.

Insiden ini terjadi di tengah meningkatnya ketegangan antara Iran dan Amerika Serikat (AS) sejak Mei 2018 yakni setelah Presiden Donald Trump resmi menarik AS keluar dari kesepakatan nuklir tahun 2015. Aksi itu diikuti dengan penerapan sanksi terbaru yang memukul perekononian Iran.

Pada Juni lalu, Iran menembak jatuh drone Angkatan Udara AS karena dituduh melanggar wilayah udara. Trump geram bahkan nyaris memicu serangan terhadap Iran, meski dibatalkan di menit-menit terakhir.

AS bersikeras dronenya berada di wilayah udara internasional, namun Iran membantah.


Editor : Anton Suhartono