Iran: Tindakan Ofensif Turki di Suriah Harus Diakhiri Sekarang

Nathania Riris Michico ยท Rabu, 16 Oktober 2019 - 10:01 WIB
Iran: Tindakan Ofensif Turki di Suriah Harus Diakhiri Sekarang

Pejuang oposisi Suriah yang didukung Turki menembakkan senapan mesin berat ke arah pejuang Kurdi, di wilayah utara Manbij, Suriah, 14 Oktober 2019. (Foto: AP)

TEHERAN, iNews.id - Iran menyerukan kepada sekutunya, Turki, untuk mengakhiri serangan mematikan di timur laut Suriah. Turki melakukan invasi lintas perbatasan terhadap pasukan Kurdi di perbatasan kedua negara.

"Yang penting sekarang adalah mengakhiri serbuan ke Suriah," cuit Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif di Twitter, seperti dilaporkan AFP, Rabu (16/10/2019).

Iran pada Kamis (10/10/2019) menyerukan penghentian serangan itu dengan segera, yang dimulai pada 9 Oktober setelah AS mengumumkan menarik semua pasukannya dari wilayah bergolak itu.

BACA JUGA: Iran Desak Turki Segera Hentikan Serangan ke Suriah

Sejak saat itu, milisi Kurdi membuat kesepakatan dengan Suriah. Kesepakatan itu memungkinkan tentara rezim Suriah 'turun' lagi ke wilayah yang dikuasai Kurdi untuk pertama kalinya sejak 2012.

Meskipun ada kecaman internasional atas serangannya, Turki berjanji melakukan serangan, mengabaikan "kesepakatan kotor" antara rezim Presiden Suriah Bashar Al Assad dan pasukan Kurdi.


Editor : Nathania Riris Michico