Israel dan Bahrain Resmi Jalin Hubungan Diplomatik Hari Ini

Anton Suhartono ยท Minggu, 18 Oktober 2020 - 13:47 WIB
Israel dan Bahrain Resmi Jalin Hubungan Diplomatik Hari Ini

Israel dan Bahrain meresmikan hubungan diplomatik Minggu (18/10) (Foto: AFP)

TEL AVIV, iNews.id - Israel dan Bahrain secara resmi menjalin hubungan diplomatik, Minggu (18/10/2020), dalam sebuah upacara di Ibu Kota Manama.

Bahrain menjadi negara Arab keempat yang menormalisasi hubungan dengan Israel setelah Mesir, Yordania, dan Uni Emirat Arab (UEA). Penandatanganan perjanjian damai dilakukan bersamaan dengan UEA di Gedung Putih, Amerika Serikat, pada 15 September lalu.

Seorang pejabat Israel mengatakan, delegasi negaranya serta pejabat Bahrain akan menandatangani komunike bersama pembentukan hubungan diplomatik penuh di Manama.

Begitu teks ditandatangani pada Minggu malam, Israel dan Bahrain bebas untuk membuka kedutaan besar di negara masing-masing, mengakhiri konflik yang berlangsung puluhan tahun.

Pertemuan pada Minggu merupakan tindak lanjut penandatanganan kesepakatan perdamaian pada 15 September yang juga disebut "Persetujuan Abraham".

Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin dan asisten khusus untuk negosiasi internasional, Avi Berkowitz, dijadwalkan berada di Bahrain untuk menyaksikan upacara tersebut.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2 Tampilkan Semua