Israel: Perdamaian Bisa Terwujud Jika Palestina Mau Negosiasi

Arif Budiwinarto ยท Selasa, 01 September 2020 - 13:21:00 WIB
Israel: Perdamaian Bisa Terwujud Jika Palestina Mau Negosiasi
Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu (kiri) dan Penasihat Senior Presiden Amerika Serika, Jared Kushner, dalam pertemuan di Tel Aviv pada 30 Agustus lalu. (foto: AFP)

ABU DHABI, iNews.id - Penasihat senior Amerika Serikat, Jared Kushner, tiba di Uni Emirat Arab (UEA) setelah negara itu menormalisasi hubungan dengan Israel. Kushner mendorong pemimpin Palestina mau berunding pascanormalisasi.

Kushner merupakan salah satu penumpang penerbangan komersial perdana dari Bandara Tel Aviv, Israel, ke Abu Dhabi, Uni Emirat Arab pada Senin (31/8/2020). Penerbangan ini merupakan buah dari normalisasi hubungan kedua negara yang dimediasi Amerika Serikat.

Pesawat yang membawa delegasi AS-Israel tiba di bandara Abu Dhabi, UEA, Senin siang waktu setempat, menandai normalisasi hubungan antara negara Yahudi dan UEA. Kata 'perdamaian' ditulis dalam bahasa Arab, Inggris, dan Ibrani, di kokpit pesawat El Al.

Kushner dalam pidatonya menyebut normalisasi hubungan UEA-Israel sebagai awal dari terwujudnya perdamaian di kawasan teluk. Dia juga mengatakan agar pihak Palestina mau membuka diri dan tidak terjebak pandangan masa lalu.

Palestina mengecam langkah UEA menormalisasi hubungan diplomasi dengan Israel, yang dinilai sebagai pengkhianatan dan melemahkan posisi negara-negara pan-Arab untuk mendesak Israel menghentikan aneksasi wilayah Palestina.

"Mereka (Palestina) harusnya duduk berunding. Perdamaian sudah siap bagi mereka jika mereka mau menyambutnya," kata Kushner dikutip dari Strait Times, Selasa (1/9/2020).

Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, menyambut gembira penerbangan komersial perdana Israel ke UEA. Netanyahu menyebut hal tersebut sebagai salah satu jalan menuju kawasan Teluk yang damai.

"Seperti itulah perdamaian untuk perdamaian," kicau Netanyahu di Twitter.

Penasihat Keamanan Nasional Israel Meir Ben Shabbat, yang juga ikut dalam penerbangan ke UEA, mengatakan, tujuan Israel adalah mewujudkan rencana kerja bersama untuk memajukan hubungan di berbagai bidang.

Editor : Arif Budiwinarto