Jerman Akui Punya Tanggung Jawab Sejarah atas Kejahatan Nazi di Yunani

Anton Suhartono ยท Jumat, 11 Januari 2019 - 19:37 WIB
Jerman Akui Punya Tanggung Jawab Sejarah atas Kejahatan Nazi di Yunani

Kanselir Jerman Angela Merkel memberi penghormatan di makam prajurit tak dikenal di Athena (Foto: AFP)

ATHENA, iNews.id - Jerman mengakui punya tanggung jawah sejarah atas kejahatan yang dilakukan Nazi di Yunani. Pernyataan itu disampaikan langsung Kanselir Jerman Angela Merkel saat berkunjung ke Athena, Yunani, Jumat (11/1/2019).

Merkel mengatakan, Jerman berada di masa-masa sulit saat Nazi berkuasa yakni di masa perang dunia.

"Kami mengakui tanggung jawab sejarah ini. Kita tahu bagaimana penderitaannya, seperti yang dilakukan Jerman di masa Nazisme, terhadap Yunani," kata Merkel, dikutip dari AFP.

Dia menambahkan, dari tanggung jawab ini, Jerman berkomitmen membangun hubungan yang lebih baik dengan Yunani.

"Ini menjadi pelajaran bagi kami untuk melakukan segala hal agar dapat membina hubungan yang baik dengan Yunani, serta saling memberikan dukungan bagi kesejahteraan kedua negara," ujarnya.

Nazi menduduki Yunani saat Perang Dunia II. Namun Jerman berdalih masalah ini sudah diselesaikan melalui kesepakatan pada 1960, serta dengan beberapa negara Eropa.

Pada 2014, presiden Jerman saat itu Joachim Gauck meminta maaf kepada publik Yunani serta kepada anggota keluarga korban pembunuhan tentara Nazi di pegunungan utara.

Sementara itu saat bertemu dengan Perdana Menteri Alexis Tsipras kemarin, Merkel memuji pengorbanan warga Yunani dalam melewati krisis ekonomi pada 2010-2014.


Editor : Anton Suhartono