Jet F-35A Jepang Jatuh, Pesawat Serupa Pernah 7 Kali Mendarat Darurat

Anton Suhartono ยท Kamis, 18 April 2019 - 16:28 WIB
Jet F-35A Jepang Jatuh, Pesawat Serupa Pernah 7 Kali Mendarat Darurat

Jet tempur F-35A (Foto: AFP)

TOKYO, iNews.id - Penyebab jatuhnya jet tempur F-35A milik Pasukan Bela Diri Angkatan Udara Jepang di Laut Pasifik pada pekan lalu masih misteri. Sebagian besar puing pesawat buatan Amerika Serikat (AS) itu pun sampai saat ini belum ditemukan.

Militer Jepang dan AS masih berupaya keras mencari sisa-sisa puing termasuk pilotnya. Pasalnya, sekecil apa pun bagian jet tempur siluman itu mengandung informasi rahasia yang bila jatuh ke tangan musuh maka kelemahannya bisa diketahui.

Lepas dari itu, secanggih-canggihnya pesawat militer tetap punya kekurangan. Surat kabar Jepang Mainichi melaporkan, jet F-35A Negeri Matahari Terbit itu mengalami beberapa kali insiden dalam 2 tahun terakhir.

Dari 13 yang unit yang dimiliki Jepang, lima di antaranya mengalami tujuh kali pendaratan darurat saat uji terbang dan latihan tempur sejak Juni 2017 hingga Januari 2019.

"Dari jumlah tersebut, dua pendaratan darurat disebabkan kesalahan yang tercatat seperti dialami jet yang baru saja jatuh," bunyi laporan Mainichi, mengutip pernyataan Kementerian Pertahanan Jepang.

"Terbang kembali ke pengkalan tidak direncanakan dilakukan setelah pilot melaporkan adanya masalah dengan sistem berkaitan dengan bahan bakar, hidrolik, dan bagian lainnya. Belum termasuk satu kasus yakni kesalahan pada sistem pemantauan pesawat. Enam kasus lainnya terkait pemeriksaan dan penggantian suku cadang sebelum dipastikan aman untuk terbang lagi."

Sementara itu jet F-35A yang jatuh pada 9 April lalu sempat hilang dari radar. Keesokan harinya tim SAR menemukan bagian ekor pesawat. Sejak itu pesawat dipastikan jatuh. F-35A nahas itu diterbangkan dalam misi latihan rutin bersama dua unit sejenis lainnya, namun tak pernah kembali.

Terkait kecelakaan ini Jepang mengandangkan semua F-35A.


Editor : Anton Suhartono