Jet-Jet Tempur AS Bersenjata Lengkap Terbang di Atas Kabul, Ada Apa?

Anton Suhartono ยท Jumat, 20 Agustus 2021 - 10:48:00 WIB
Jet-Jet Tempur AS Bersenjata Lengkap Terbang di Atas Kabul, Ada Apa?
Amerika Serikat mengerarahkan jet tempur di Kabul, Afghanistan, untuk memantau proses evakuasi warganya (Foto: Reuters)

WASHINGTON, iNews.id - Jet-jet tempur Amerika Serikat terbang di atas Ibu Kota Kabul, Afghanistan, beberapa hari belakangan. Namun misi pesawat-pesawat itu bukan untuk permusuhan, melainkan memantau proses evakuasi warga AS menuju bandara

Departemen Pertahanan AS memastikan tak ada kontak apa pun dengan Taliban meskipun jet-jet tempur yang menjalankam misi itu dilengkapi persenjataan lengkap.

Juru bicara Pentagon John Kirby mengatakan, jet tempur AS tidak melakukan terbang rendah, namun agak tinggi untuk mempermudah pengawasan ke darat.

"Penerbangan overwatch sudah berlangsung sebelum operasi evakuasi non-kombatan digelar. Ini merupakan langkah perlindungan kehati-hatian dari udara, untuk memastikan kami dapat melindungi warga kami serta operasi dari ancaman apa pun," katanya, dikutip dari Reuters, Jumat (20/8/2021).

Dia menambahkan Pentagon tidak melihat adanya permusuhan dari Taliban serta tak ada gerilyawan yang menghalangi, mencegat, atau mengganggu, pergerakan warga AS menuju bandara.

"Kami telah menjelaskan dengan sangat jelas kepada Taliban, setiap serangan terhadap warga kami dalam operasi di bandara akan mendapat tanggapan yang hebat," katanya.

Pejabat Angkatan Darat AS William Taylor mengatakan beberapa pintu gerbang bandara internasional Kabul juga sudah dibuka untuk mempermudah akses. Sekitar 7.000 warganya sudah dievakuasi sejauh ini.

Dia menambahkan jumlah pasukan AS di bandara Kabul juga sudah ditambah menjadi 5.200 lebih di untuk membantu evakuasi serta pengamanan.

Editor : Anton Suhartono

Bagikan Artikel: