Jet Tempur AS Cegat Pesawat Pengebom Rusia yang Terbang di Langit Alaska

Nathania Riris Michico ยท Rabu, 22 Mei 2019 - 07:49 WIB
Jet Tempur AS Cegat Pesawat Pengebom Rusia yang Terbang di Langit Alaska

Pesawat tempur siluman F-22 AS terbang di atas Pangkalan Udara Osan di Pyeongtaek, selatan Seoul. (FOTO: JUNG YEON-JE / AFP / Getty Images)

WASHINGTON, iNews.id - Jet tempur Amerika Serikat (AS) mencegat enam pesawat militer Rusia yang memasuki wilayah udara internasional di barat Alaska, Senin (20/5). Komando Pertahanan Udara Amerika Utara (NORAD) menyatakan pihaknya membayangi pesawat militer Rusia itu hingga keluar dari wilayah udara tersebut.

Pesawat Rusia itu termasuk dua pengebom strategis Tu-95, yang dicegat oleh dua jet tempur F-22. Kelompok kedua dari dua pengebom Tu-95 dan dua fighter Su-35 juga dicegat oleh sepasang fighter F-22.

NORAD menyatakan, pesawat pengawas AWAC memantau operasi tersebut. NORAD menegaskan pesawat Rusia berada di wilayah udara internasional.

Enam pesawat militer itu "dijemput" saat memasuki Zona Identifikasi Pertahanan Udara Alaska, garis perimeter yang terletak di luar wilayah udara nasional.

"Kemampuan kami untuk mencegah dan mengalahkan ancaman terhadap warga kami dan infrastruktur vital dimulai dengan mendeteksi, melacak, dan mengidentifikasi pesawat secara positif di wilayah udara kami," kata komandan NORAD, Jenderal Terrence O'Shaughnessy, seperti dilaporkan AFP, Rabu (22/5/2019).

"Kami siaga 24 jam sehari, tujuh hari sepekan, 365 hari setahun," katanya.

AS memiliki empat Zona Identifikasi Pertahanan Udara. Zona Alaska memanjang sekitar 200 mil (320 kilometer) dari pantai negara bagian.


Editor : Nathania Riris Michico