Jet Tempur F-16 Angkatan Udara AS Jatuh Menimpa Gudang saat Latihan

Anton Suhartono ยท Jumat, 17 Mei 2019 - 14:03 WIB
Jet Tempur F-16 Angkatan Udara AS Jatuh Menimpa Gudang saat Latihan

Jet tempur F-16 AS jatuh menimpa gudang di pangkalan udara Southern California (Foto: Mirror)

LOS ANGELES, iNews.id - Jet tempur F-16 milik Angkatan Udara Amerika Serikat (AS) jatuh menimpa gudang saat melakukan latihan rutin di sekitar March Air Reserve Base di Southern California, Kamis (16/5/2019).

Pilot pesawat selamat setelah sempat keluar melalui kursi pelontar, meski mengalami luka. Dia dilarikan ke rumah sakit terdekat. Lima orang yang berada di darat juga mengalami luka akibat dampak pesawat jatuh.

Jet tempur itu merupakan bagian dari 114th Figter Wing, Souix Falls, Dakota Selatan, yang sedang melakukan misi latihan untuk North American Aerospace Defence Command (NORAD).

Surat kabar The Los Angeles Times, mengutip seorang pejabat dinas pemadam kebakaran, melaporkan, kecelakaan memicu kebakaran di gudang. Foto kecelakaan yang di-posting di televisi lokal KCAL-TV menunjukkan lubang menganga di atap sebuah bangunan besar.

Juru bicara pangkalan Perry Covington mengatakan, pesawat jatuh sekitar pukul 15.30 waktu setempat dan menabrak gudang di ujung landasan pacu.

"Pilot itu berhasil keluar dan dia baik-baik saja," katanya, dikutip dari Reuters, Jumat (17/5/2019).

Pejabat kecelakaan masih diselidiki.

Fasilitas yang terletak di Riverside County, California, sekitar 105 kilometer sebelah timur Los Angeles itu merupakan rumah bagi kesatuan Air Force Reserve 452nd Air Mobility Wing. Biasanya ada sekitar 2.000 sampai 6.000 tentara cadangan dan personel lain di pangkalan.

Sementara itu latihan operasi NORAD dirancang untuk melindungi wilayah udara AS dan Kanada dan pengerahan pasukan dari kedua negara.


Editor : Anton Suhartono