Jika AS Terapkan Jarak Sosial 7 Hari Lebih Awal, 36.000 Nyawa Bisa Diselamatkan

Anton Suhartono ยท Jumat, 22 Mei 2020 - 17:26 WIB
Jika AS Terapkan Jarak Sosial 7 Hari Lebih Awal, 36.000 Nyawa Bisa Diselamatkan

Sebanyak 36.000 nyawa di AS bisa diselamatkan dari virus corona jika jarak sosial diterapkan sepekan lebih awal (Foto: AFP)

WASHINGTON, iNews.id - Kasus kematian akibat virus corona di Amerika Serikat bisa jauh berkurang jika negara itu menerapkan jarak sosial lebih awal.

Para pakar Universitas Columbia menyebut, 36.000 nyawa bisa diselamatkan jika otoritas menerapkan jarak sosial sepekan lebih dini dari pengumuman resmi yakni pada awal Maret.

Sejumlah pakar yang membuat pemodelan penyebaran infeksi juga memperkirakan, jika AS memberlakukan lockdown dan membatasi kontak sosial pada 1 Maret atau 2 pekan lebih awal dari waktu ketika warga Negeri Paman Sam mulai tinggal di rumah, sekitar 83 persen dari angka kematian secara nasional dapat dihindari.

"Ini perbedaan yang sangat besar," ungkap Jeffrey Shaman, ahli epidemiologi Universitas Columbia yang memimpin tim penelitian tersebut, seperti dikutip The New York Times, Jumat (22/5/2020).

"Sedikit saja perbedaan waktu di fase pertumbuhan, sangat penting dalam mengurangi jumlah kematian," ujarnya, menambahkan.

AS sejauh ini telah melaporkan lebih dari 1.550.000 kasus infeksi Covid-19, sekitar 93.000 di antaranya meninggal.

Editor : Anton Suhartono