Joe Biden Tak Terbendung, Senat AS Pastikan Kemenangan di Pennsylvania meski Dibayangi Kerusuhan

Anton Suhartono · Kamis, 07 Januari 2021 - 13:35:00 WIB
Joe Biden Tak Terbendung, Senat AS Pastikan Kemenangan di Pennsylvania meski Dibayangi Kerusuhan
Senat AS pastikan kemenangan Joe Biden di Pennsylvania dalam sidang pengesahan suara yang dibayangi kerusuhan (Foto: Reuters)

WASHINGTON, iNews.id - Senat Amerika Serikat menolak permintaan anggota Partai Republik yang menuntut pembatalan kemenangan Joe Biden dalam Pilpres AS 2020 di Negara Bagian Pennsylvania.

Hasil penghitungan suara elektoral di Pennsylvania memenangkan Biden atas Donald Trump, namun digugat kubu Republik dengan alasan adanya kecurangan. Senat memberikan suara 92 melawan 7 untuk menolak permintaan tersebut.

Sidang mengagendakan pengesahan suara elektoral dua kandidat, namun anggota parlemen Republik berupaya menjegajal kemenangan Biden di beberapa negara bagian. 

Keberatan pertama yang disampaikan para Republikan adalah hasil penghitungan di Arizona. Setelah debat alot, Senat menolak keberatan itu dan memastikan kemenangan Biden atas Trump di Arizona dengan perolehan suara 93 berbanding 6. Selain itu, DPR juga mendukung kemenangan Biden dengan perolehan suara 303 berbanding 121.

Setelah itu Kongres dan DPR melanjutkan sidang untuk memutuskan hasil pemilihan di negara bagian lain berdasarkan urutan abjad.

Debat akan dibuka jika ada satu saja dari anggota Senat atau DPR yang menolak hasil penghitungan suara elektoral di suatu negara bagian.

Wakil Presiden Mike Pence selaku pemimpin sidang menegaskan, dia tidak berusaha menolak hasil penghitungan di negara bagian mana pun meskipun ditekan oleh Trump.

Editor : Anton Suhartono

Halaman : 1 2

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda