Jokowi-Ma'ruf Unggul Telak di Lebanon dan Timor Leste

Nathania Riris Michico ยท Rabu, 17 April 2019 - 20:28 WIB
Jokowi-Ma'ruf Unggul Telak di Lebanon dan Timor Leste

Presiden petahana Indonesia, Joko Widodo. (FOTO: BAY ISMOYO / AFP)

BEIRUT, iNews.id - Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Beirut menyampaikan bahwa pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin unggul dalam perolehan suara pemilu di tempat pemungutan suara (TPS) 01 KBRI Beirut di Lebanon.

Pada 17 April 2019, tepat pukul 09.00 waktu Beirut atau pukul 13.00 WIB, penghitungan surat suara di TPS 01 KBRI Beirut dimulai.

Dilaporkan kantor berita Antara, penghitungan suara berjalan dengan baik dan lancar di TPS 01 KBRI Beirut, dengan perolehan suara untuk pasangan capres-cawapres 01 sebanyak 110 suara dan pasangan capres-cawapres 02 sebanyak 61 suara. Surat suara tidak sah sebanyak 5 suara.

Sementara itu, untuk suara legislatif, tiga partai dengan perolehan terbanyak adalah PDI-P dengan 39 suara, PPP 34 suara, dan PKS 29 suara.

Selain disaksikan oleh Duta Besar RI untuk Lebanon Hajriyanto Y Thohari dan perwakilan WNI di Lebanon, proses penghitungan suara juga disiarkan secara langsung melalui akun resmi Facebook KBRI Beirut.

Sebelumnya, Pemilu di TPS 01 KBRI Beirut dilaksanakan pada Minggu (14/4/2019). Pemungutan suara berjalan dengan baik, tertib, dan lancar.

Jumlah pemilih dalam daftar pemilih tetap (DPT) 188 orang, namun 10 orang meminta surat pindah memilih. Selain itu terdapat 6 orang pemilih tambahan (menggunakan formulir A5) dan 19 orang pemilih masuk dalam daftar pemilih khusus (DPK).

Jumlah surat suara yang tepakai adalah sebanyak 176 surat suara atau 92 persen dari keseluruhan surat suara yang berjumlah 192 surat suara.

Sementara itu di Timor Leste, Jokowi-Ma'ruf juga memenangkan perolehan suara pemilu di Timor Leste, seperti disampaikan oleh Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Dili. Jokowi-Ma'ruf unggul 81,88 persen dibandingkan pasangan nomor urut 02 Prabowo-Sandi di Timor Leste.

Jokowi-Ma'ruf unggul dengan total perolehan suara sebanyak 2.739 suara, sementara Prabowo-Sandiaga memperoleh 578 suara.

Metode pemungutan suara Pemilu 2019 di Timor Leste yang dilakukan oleh PPLN Dili ada dua, yaitu mencoblos langsung di tempat pemungutan suara (TPS) dan Kotak Suara Keliling (KSK).

Untuk perolehan suara dari metode coblos langsung di tujuh TPS di KBRI Dili, Jokowi-Ma'ruf mendapatkan 2.276 suara, sedangkan Prabowo-Sandi mendapatkan 508 suara.

Sementara berdasarkan perolehan suara dari metode KSK, pasangan nomor urut 01 mendapat 463 suara dan pasangan nomor urut 02 mendapat 70 suara.

Selain itu, total surat suara yang tidak sah adalah sebanyak 28, yakni 5 surat suara dari metode KSK dan 23 surat suara tidak sah dari metode TPS.

Penghitungan suara hasil Pemilu 2019 yang diselenggarakan di KBRI Dili dihadiri puluhan warga negara Indonesia (WNI), termasuk Duta Besar RI untuk Timor Leste Sahat Sitorus.

Sebelumnya, WNI di Timor Leste mengikuti pelaksanaan pemungutan suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 di tujuh TPS di KBRI Dili pada Sabtu, 13 April, yang berlangsung dengan tertib dan lancar.


Editor : Nathania Riris Michico