Jutaan Ikan Mati Sebabkan Bau Busuk di Australia, PM Morrison Marah

Nathania Riris Michico ยท Senin, 14 Januari 2019 - 12:15 WIB
Jutaan Ikan Mati Sebabkan Bau Busuk di Australia, PM Morrison Marah

Ribuan ikan mati di pantai di Australia. (Foto: Facebook Richie Benson/doc. ABC News)

SYDNEY, iNews.id - Sebanyak satu juta ikan diyakini mati di sepanjang tepi sungai utama di Australia timur yang dilanda kekeringan. Pihak berwenang memperingatkan kemungkinan lebih banyak ikan yang mati beberapa hari ke depan.

Tepian Sungai Murray-Darling penuh dengan ikan busuk, dan para pejabat menyebut jumlah ikan yang menyebabkan bau tak sedap itu mendekati satu juta ekor.

Menurut pemerintah New South Wales, perkiraan suhu tinggi yang masih berlanjut pada pekan ini diperkirakan situasi menjadi lebih buruk.

Kondisi air yang rendah dan panas juga diduga mendorong ganggang menjadi bertumbuh dan mengakibatkan ikan kehabisan oksigen dan menghasilkan racun.

"Kami berpikir akan melihat lebih banyak ikan mati di seluruh bagian barat dan Tablelands Utara pekan ini," kata Menteri Negara Niall Blair, seperti dilaporkan AFP, Senin (14/1/2019).

Kematian ikan-ikan ini menjadi masalah nasional dan memicu kemarahan Perdana Menteri Scott Morrison. Dia menyerukan tuduhan dan kemarahan soal penyebab dan siapa yang bertanggung jawab atas peristiwa itu. 

"Ini merupakan peristiwa ekologis yang menghancurkan," kata Morrison.

"Gambaran visual dari insiden ini sangat mengecewakan," ujarnya.

Pemerintah Morrison menyalahkan kematian ikan pada kekeringan.

"Ada kekeringan dan ini merupakan salah satu konsekuensi dari kekeringan. Ada banyak, dan fokus saya pada kekeringan belum bergeser satu inci pun," kata Morrison.

Sementara itu, pemimpin oposisi Bill Shorten meminta pemerintah untuk membentuk satuan tugas darurat untuk mengatasi masalah tersebut.

"Kamu tidak bisa mengabaikan satu juta ikan mati, itu perkembangan yang mengejutkan," kata Shorten.


Editor : Nathania Riris Michico