Kampung Halaman Keluarga Oezil di Turki Dipasangi Baliho Erdogan-Oezil

Nathania Riris Michico ยท Rabu, 25 Juli 2018 - 14:00 WIB
Kampung Halaman Keluarga Oezil di Turki Dipasangi Baliho Erdogan-Oezil

Foto ukuran besar Mesut Oezil bersama Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dipasang di tempat kelahiran orangtua Mesut Oezil di Turki. (Foto: Getty Images)

BERLIN, iNews.id - Pemerintah Kota Devrek, Turki, tempat kelahiran orangtua Mesut Oezil, memasang foto ukuran besar pemain sepak bola itu bersama Presiden Recep Tayyip Erdogan. Hal itu diputuskan setelah Oezil mundur dari tim nasional (timnas) Jerman.

Pemerintah Devrek membuat tanda jalan 'Mesut Oezil Avenue' menuju ke pusat kota. Mesut Oezil Avenue dibuat untuk menghormati sang pemain asal Arsenal itu. Pemerintah juga memasang baliho Oezil dan Erdogan di atas penanda jalan.

Isi baliho merupakan foto saat Oezil berdampingan dengan Erdogan memegang jersey Arsenal. Foto yang diambil pada Mei 2018 itulah yang menyulut kritik federasi sepak bola Jerman, DFB.

Baliho foto Mesut Oezil dan Presiden Erdogan di tempat kelahiran orangtua Oezil, Devrek, Turki. (Foto: Getty Images)

Puncaknya, pada Minggu (22/7) Oezil mengumumkan mengundurkan diri dari timnas karena merasa mendapat perlakuan rasis dan tidak adil. Foto itu dikaitkan dengan prestasi buruk Jerman di Piala Dunia 2018, yang harus pulang di fase grup.

Wali Kota Devrek, Mustafa Semerci, mengaku mengubah tanda jalan itu setelah mengetahui perlakuan yang diterima Oezil dari DFB.

Di bawah baliho foto Oezil-Erdogan terdapat foto Oezil mengenakan seragam timnas Jerman. (Foto: Getty Images)

Oezil merupakan salah satu pemain kunci yang membawa Jerman memenangkan Piala Dunia 2014 di Brasil. Namun kini dia diperlakukan tidak adil.

Erdogan mengaku sudah berbincang dengan Oezil melalui sambungan telepon, Senin (23/7/2018) malam, sehari setelah pria 29 tahun itu mundur dari timnas. Dalam perbincangan itu, Erdogan mengatakan menghargai keputusan pria keturunan Turki itu.

Editor : Nathania Riris Michico