Kapal Feri di Filipina Terbakar Tewaskan 2 Orang, Lebih dari 100 Lainnya Selamat

Nathania Riris Michico ยท Rabu, 28 Agustus 2019 - 12:31 WIB
Kapal Feri di Filipina Terbakar Tewaskan 2 Orang, Lebih dari 100 Lainnya Selamat

Ilustrasi kapal feri terbakar saat berada di laut. (FOTO: Gordon Smith)

MANILA, iNews.id - Kebakaran melanda sebuah kapal feri yang penuh dengan penumpang di selatan Filipina. Akibatnya, dua orang tewas dan lebih dari 100 diselamatkan.

Api berkobar sebelum fajar, ketika kapal berlayar ke Kota Dapitan. Api memicu beberapa orang yang ketakutan melompat ke air.

Tidak jelas berapa banyak penumpang yang berada di kapal, tetapi Penjaga Pantai Filipina mengatakan 102 orang diselamatkan dan dua orang dipastikan tewas. Korban tewas yakni seorang pria berusia 60 tahun, dan seorang anak berusia satu tahun.

Operasi pencarian dilanjutkan pada Rabu (28//8/2018), dan pihak berwenang berupaya mencari tahun jumlah korban hilang.

Menurut manifes resmi kapal, ada 137 orang yang terdaftar di atas kapal, tetapi diduga jumlah yang sebenarnya lebih banyak.

Otoritas darurat setempat mengklaim 215 orang selamat, hampir dua kali lipat dari jumlah yang disebutkan oleh Penjaga Pantai.

"Tampaknya banyak orang tidak terdaftar dalam manifes," kata Nelson Quimiguing, seorang petugas manajemen bencana di Kota Dapitan, kepada AFP.

Filipina, negara kepulauan dengan lebih dari 7.000 pulau, memiliki akses transportasi laut yang buruk. Kapal-kapalnya banyak yang tidak sesuai regulasi, dan terhadap kepadatan dan kecelakaan.

Editor : Nathania Riris Michico