Kapal Patroli Jepang Bertabrakan dengan Kapal Nelayan Korut, 20 Orang Hilang

Anton Suhartono ยท Senin, 07 Oktober 2019 - 11:49 WIB
Kapal Patroli Jepang Bertabrakan dengan Kapal Nelayan Korut, 20 Orang Hilang

Kapal nelayan Korut tenggelam setelah bertabrakan dengan kapal patroli Jepang (Ilustrasi, Foto: AFP)

TOKYO, iNews.id - Kapal Korea Utara (Korut) bertabrakan dengan kapal patroli perikanan Jepang di Laut Jepang, Senin (7/10/2019). Sekitar 20 orang yang berada di kapal Korut terlempar ke laut dan hilang.

Petugas penjaga pantai Jepang dikerahkan ke lokasi untuk mencari para korban. Kapal Korut yang diyakini sebagai penangkap ikan terbalik setelah berabrakan.

"Kami mengirim kapal penyelamat dan pesawat, tapi kami belum tahu informasi lebih detail," kata juru bicara penjaga pantai Jepang, Kazuma Nohara, dikutip dari AFP.

Nohara melanjutkan, kecelakaan terjadi di perairan sekitar 350 kilometer barat laut Semenanjung Noto, Prefektur Ishikawa.

"Kami memperketat patroli di perairan di sana bekerja sama dengan agen perikanan," ujarnya, seraya membahkan, beberapa tahun terakhir kapal nelayan Korea Utara kerap mencuri ikan dan cumi-cumi.

Para ahli mengatakan, beberapa kapal nelayan Korut melakukan perjalanan jauh sampai ke Laut Jepang dengan kondisi seadanya, demi memenuhi permintaan pemerintahan di sana agar memperbanyak hasil tangkapan.

Akibatnya, puluhan kapal Korut tenggelam setiap tahunnya karena tak memenuhi standar untuk mengarungi lautan jauh, di samping kehabisan bahan bakar. Selain itu usia kapal sudah tua.

Ada pula kapal-kapal yang hanyut hingga pantai Jepang dalam kondisi para krunya meniggal. Media Jepang menyebut kapal-kapal persebut sebagai disebut sebagai kapal hantu.


Editor : Anton Suhartono